HUBUNGAN KEKURANGAN GIZI TERHADAP TERJADINYA HIPOKALSIFIKASI ENAMEL GIGI SULUNG BALITA di PUSKESMAS KUTAKULON BONDOWOSO (Penelitian Pendahuluan)

HAYU HENNING HANDAYANI, 021518046310 (2018) HUBUNGAN KEKURANGAN GIZI TERHADAP TERJADINYA HIPOKALSIFIKASI ENAMEL GIGI SULUNG BALITA di PUSKESMAS KUTAKULON BONDOWOSO (Penelitian Pendahuluan). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
PPDGS.PGA. 04-18 Han h Abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
PPDGS.PGA. 04-18 Han h.pdf
Restricted to Registered users only until 9 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang Kualitas jaringan tubuh termasuk gigi ditentukan oleh nutrisi yang adekuat selama masa pembentukan, pertumbuhan dan perkembangan. Demikian halnya pada gigi, proses pembentukan dan tumbuh kembang yang sempurna akan memberikan morfologi, anatomi dan fungsi gigi yang optimal. Pada jaringan enamel, lapisan terluar gigi ini merupakan pertahanan pertama terhadap bakteri karies, kekurangan penyerapan energi, mineral dan vitamin yang diperlukan selama fase mineralisasi gigi diketahui dapat mempengaruhi pembentukan enamel. Kelainan yang bisa terjadi adalah hipokalsifikasi enamel baik pada gigi sulung maupun pada gigi permanen. Tujuan mengetahui hubungan kekurangan gizi terhadap terjadinya hipokalsifikasi enamel gigi sulung balita di Puskesmas Kutakulon Bondowoso. Metode Penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan desain penelitian “Cross Sectional study” dengan subyek penelitian 98 anak 2 – 5 tahun, dengan menimbang berat badan, mencatat tanggal kelahiran, dan pemeriksaan klinis gigi menggunakan kaca mulut dan sonde dan mengklasifikasikan status gizi melalui pengukuran antropometri indeks berat badan sesuai umur berdasarkan ketentuan yang tertuang dalam SK Menteri Kesehatan RI no. 1995/MENKES/SK/XII/2010. Hasil Dari analisa statistik data penelitian diketahui bahwa data penelitian berdistribusi normal dan berdasarkan uji korelasi Pearson didapatkan p>0,05 yang artinya adanya korelasi yang bermakna antara kekurangan gizi dengan hipokalsifikasi enamel Kesimpulan Terdapat hubungan kekurangan gizi dengan terjadinya hipoklasifikasi enamel gigi sulung balita.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDGS.PGA. 04-18 Han h
Uncontrolled Keywords: Hipokalsifikasi enamel, status gizi, balita kurang gizi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > Ilmu Kedokteran Gigi Anak (Spesialis)
Creators:
CreatorsNIM
HAYU HENNING HANDAYANI, 021518046310UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTeguh Budi Wibowo, drg., drg., MS., Sp. KGA(K).UNSPECIFIED
Thesis advisorMega Moeharyono Puteri, drg., PhD., Sp.KGAUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 09 Nov 2018 14:09
Last Modified: 09 Nov 2018 14:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75437
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item