PENGARUH PEMBERIAN KOLAGEN TERHADAP STRUKTUR GRANULOMA DAN SEKRESI Tumor Necrosis Factor Alpha (TNF-α) PADA GRANULOMA TUBERKULOSIS MODEL In Vitro

IRA PANGESTI, 091614353009 (2018) PENGARUH PEMBERIAN KOLAGEN TERHADAP STRUKTUR GRANULOMA DAN SEKRESI Tumor Necrosis Factor Alpha (TNF-α) PADA GRANULOMA TUBERKULOSIS MODEL In Vitro. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
TI. 12-18 Pan p Abstrak.pdf

Download (413kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
TI. 12-18 Pan p.pdf
Restricted to Registered users only until 9 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mycobacterium tuberculosis merupakan bakteri penyebab penyakit tuberkulosis paru, bakteri bersifat tahan asam, hidup intraseluler dan merupakan bakteri penyebab kematian lebih banyak dibandingkan dengan penyakit menular lainnya. Prinsip respon imun dalam menghadapi bakteri M.Tb yaitu dengan pembentukan granuloma sehingga mencegah bakteri menyebar ke sel yang lain. TNF-α berperan penting dalam pertahanan tubuh menghadapi infeksi bakteri intraseluler dan pada model invitro berperan untuk mempertahankan granuloma dan peran kolagen dalam mempertahankan granuloma sehingga mencegah infeksi menjadi aktif. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis jumlah sel limfosit,monosit/makrofag dan kadar TNF-α antara yang diberi kolagen dan tanpa kolagen. Pada penelitian ini menggunakan sel PBMC orang sehat yg di infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis dengan MOI 1: 0.1 kemudian dibagi 2 kelompok dengan penambahan kolagen dan tanpa kolagen dilakukan observasi hari yaitu hari ke 1,3,5, dan 7 dengan 6 kali pengulangan. Pewarnaan HE dilakukan untuk menghitung sel limfosit,monosit atau makrofag dan supernatan digunakan untuk memeriksa kadar TNF-α dengan metode ELISA. Hasil menunjukan tidak terjadi pengaruh penambahan kolagen terhadap jumlah limfosit,monosit/makrofag dan kadar TNF-α. Kadar TNF-α paling tinggi terjadi pada hari ke 3 dan menurun sampai hari ke 7.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TI. 12-18 Pan p
Uncontrolled Keywords: Granuloma, TNF-α, Mycobacterium tuberculosis
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR180 Immunology
R Medicine > RC Internal medicine > RC306-320.5 Tuberculosis
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Imunologi
Creators:
CreatorsNIM
IRA PANGESTI, 091614353009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJusak Nugraha, Prof. Dr., dr., MS., Sp.PK(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorAgung Dwi Wahyu Widodo, Dr., dr., M.Si, M.Ked.Klin,Sp.MKUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 09 Nov 2018 14:29
Last Modified: 09 Nov 2018 14:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75471
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item