PERAN DIASPORA ARMENIA TERHADAP DUKUNGAN PUBLIK CALIFORNIA PADA SELF-DETERMINATION PERJUANGAN KEMERDEKAAN NAGORNO KARABAKH

Gresi Santika Vivi Anggraeni, 071411231057 (2018) PERAN DIASPORA ARMENIA TERHADAP DUKUNGAN PUBLIK CALIFORNIA PADA SELF-DETERMINATION PERJUANGAN KEMERDEKAAN NAGORNO KARABAKH. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.HI.52 18 Ang p.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.HI.52 18 Ang p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dukungan publik California secara formal untuk mengadopsi AJR 32 sebagai resolusi dukungan self-determination terhadap perjuangan kemerdekaan Republik Nagorno Karabakh merupakan hal yang tidak biasa, karena Nagorno Karabakh masih dalam kondisi konflik dan pemerintah AS terlibat dalam upaya penyelesaian konflik tersebut. Pada tulisan ini, alasan publik California mendukung mengadopsi resolusi AJR 32 dilihat sebagai dampak keterlibatan diaspora Armenia pada sistem politik di host country. California dilihat sebagai wilayah di AS yang memiliki populasi etnis Armenia terbesar di AS dan wilayah utama berkembangnya media massa, bangunan, organisasi, dan kebudayaan Armenia di AS. Peran diaspora pada proses adopsi resolusi dikaji melalui tiga instrumen analisis, yaitu diaspora, collective self-determination, dan pengaruh opini publik terhadap keputusan dukungan yang diambil. Penelitian dilakukan dengan mengkaji pemberitaan dukungan di media komunitas Armenia di California dan aktivitas lobi yang dilakukan organisasi diaspora Armenia. Diaspora berperan aktif dalam menghubungkan isu politik diantara publik California dengan pemerintah Armenia. Diaspora Armenia dalam kegiatan politik memberi mendukung terhadap kepentingan pemerintah Armenia dengan menyebarkan informasi terkait isu di Armenia yang dinilai penting oleh komunitas diaspora terhadap publik dan pemerintah di California melalui media. Media digunakan oleh diaspora Armenia untuk membentuk dan mempengaruhi dukungan terhadap perjuangan kemerdekaan Republik Nagorno Karabakh. Selain dengan publikasi di media massa, diaspora Armenia melibatkan organisasi lobi etnis Armenia di California untuk menyampaikan pendapat secara langsung ataupun menghimpun dan menggerakan dukungan masyarakat selama proses adopsi resolusi yang perkembangannya mendapat respon positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI.52/18 Ang p
Uncontrolled Keywords: Diaspora Armenia, Dukungan Self-determination, Republik Nagorno Karabakh, California, AJR 32
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H61-97 Policy sciences
J Political Science > JZ International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Gresi Santika Vivi Anggraeni, 071411231057UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI Gede Wahyu Wicaksana, S.IP., MSi., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 13 Nov 2018 07:53
Last Modified: 13 Nov 2018 07:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75509
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item