SPORT EVENT SEBAGAI DAYA TARIK WISATA ( Studi Deskriptif Tentang Motivasi Kunjungan Wisatawan Di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya)

ADITYA FIRMAN NUGRAHA, 151511413054 (2018) SPORT EVENT SEBAGAI DAYA TARIK WISATA ( Studi Deskriptif Tentang Motivasi Kunjungan Wisatawan Di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (43kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FV PW 33 18 Nug s.pdf
Restricted to Registered users only until 15 November 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor ekonomi paling penting karena pariwisata dapat memberikan dampak kemajuan perekonomian masyarakat disekitar kawasan industri pariwisata maupun perekonomian yang lebih luas seperti kemajuan kota bahkan suatu negara. Kota Surabaya merupakan kawasan yang memiliki keunggulan dari segi pariwisasta, potensi tersebut memberi peluang bagi pengembang bisnis industri pariwisata salah satunya dari sektor olahraga. Namun dalam pengembangan industri pariwisata berbasis olahraga diperlukannya investasi yang relatif besar untuk memenuhi kebutuhan pengunjung agar pariwisata dapat berjalan dengan baik dan diminati pengunjung. Pengembangan pariwisata harus memenuhi tiga kriteria yaitu sesuatu yang dapat dilihat, sesuatu yang dapat dilakukan di objek wisata tersebut dan sesuatu yang dapat di beli untuk dibawa pulang sebagai cinderamata pengunjung. Dengan adanya faktor yang mempengaruhi motivasi pengunjung datang maka perlu diketahui bahwa motivasi pengunjung memiliki empat macam motivasi yaitu physical motivation, cultural motivation, interpersonal motivation atau social motivation dan fantasy motivation. Penelitian ini membahas tentang motivasi wisatawan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Pembahasan dalam penelitian ini nantinya akan menggunakan metode deskriptif kuantitatif karena pengumpulan data, penafsiran data dan penarikan kesimpulan dari penelitian ini adalah berupa angka beserta penjelasan dan penggambaran dari angka-angka tersebut dengan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Penentuan sampling yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan kuisioner untuk wawancara terhadap wisatawan. Peneliti menentukan sampling wisatawan yang sedang menonton pertandingan di Stadion Gelora Bung Tomo dan mengambil sampel sebanyak 100 responden dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Adapun hasil pada penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa physical motivation, interpersonal motivation, fantasy motivation, cultural Motivation merupakan motivasi yang ditemukan. Adanya motivasi tersebut juga sangat dipengaruhi oleh fasilitas – fasilitas maupun atraksi yang diadakan di Stadion Gelora Bung Tomo guna memenuhi segala kebutuhan pengunjung dalam mencapai keinginannya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PW 33/18 Nug s
Uncontrolled Keywords: Motivasi wisatawan, Stadion Gelora Bung Tomo
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Pemasaran
Creators:
CreatorsNIM
ADITYA FIRMAN NUGRAHA, 151511413054UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndy Umardiono, ,S.Sos,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 15 Nov 2018 08:28
Last Modified: 15 Nov 2018 08:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75563
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item