PENERAPAN LEAN SERVICE DALAM PROSES JASA PENGIRIMAN GULA RAFINASI OLEH CV. SUMBER BARU

DICKY KURNIAWAN, 041511223094 (2018) PENERAPAN LEAN SERVICE DALAM PROSES JASA PENGIRIMAN GULA RAFINASI OLEH CV. SUMBER BARU. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B 187-18 Kur p.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jasa pengiriman saat ini merupakan pilihan yang dibutuhkan perusaaan lain maupun perorangan. Kepuasan pelanggan menjadi fokus perusahaan jasa dalam menjaga kualitas produknya. Mutu pada industri jasa pengiriman, selain menekankan pada tepatan waktu, juga perlu diperhatikan mutu pada proses jasa pengiriman. Hal yang lebih baik adalah apabila perhatian pada mutu bukan hanya pada ketepatan pengiriman, namun pada proses jasa yang berlangsung, sehingga bila ada kesalahan masih dapat diperbaiki. Dengan demikian, produk akhir yang dihasilkan adalah produk yang bebas cacat dan tidak ada lagi pemborosan karena produk tersebut harus dilakukan pengerjaan ulang (rework). Di penelitian ini ditemukan fakta bahwa tidak hanya pemborosan pada waktu pengiriman, melainkan adanya waste pada produk yang dikirim oleh CV. Sumber Baru. Lean Service merupakan salah satu teori strategi yang dapat mengeliminasi waste pada industri jasa. Teori ini sendiri menggunakan Tools Value Stream Mapping dan Process Activity Mapping. Hasil penelitian ini dengan value stream mapping dan process activity mapping menunjukkan bahwa terdapat waste berupa defect dan delay. Diperoleh data bahwa prosentase kategori aktivitas kegiatan VA=5=50%, NNVA=3=30%, NVA=2=20%. Berdasarkan hasil dari Borda Count Method maka didapatkan 2 peringkat tertinggi (waste kritis) yaitu defect dan waiting/delay dengan skor 17 diikuti defects dengan skor 15. Usulan perbaikan dengan berkoordinasi dengan pihak montir untuk melakukan perawatan/ pemeliharaan bag truk dan menambah jobdesk sopir untuk mengawasi kuli angkut dalam proses bongkar muat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.187/18 Kur p
Uncontrolled Keywords: Lean, Lean Service, Values Stream Mapping, Borda Count Method
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4301-4480.9 Trust services. Trust companies
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
DICKY KURNIAWAN, 041511223094UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIndrianawati Usman, Dr,, SE., M.Sc,UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 16 Nov 2018 08:53
Last Modified: 16 Nov 2018 08:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75591
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item