ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINDAKAN SISWA DALAM PENCEGAHAN PENYAKIT TUBERKULOSIS (Aplikasi Teori Health Belief Model)

NISRINA ZAGITA AFIFAH, 101411131083 (2018) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINDAKAN SISWA DALAM PENCEGAHAN PENYAKIT TUBERKULOSIS (Aplikasi Teori Health Belief Model). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.284-18 Afi a ABSTRAK.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.284-18 Afi a SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit Tuberkulosis (TBC) masih merupakan masalah kesehatan masyarakat global maupun nasional. Pada tahun 2014 Kota Surabaya menduduki peringkat ke 2 di provinsi Jawa Timur dengan jumlah kasus penyakit TBC terbanyak. Kelurahan Tanah Kalikedinding termasuk dalam 5 daerah penyumbang penyakit TBC terbesar di Surabaya. Sekolah merupakan sebuah setting (tatanan) yang salah satunya berada dalam sebuah wilayah yang endemis akan penyakit TBC untuk itu sekolah berperan dalam memutus mata rantai penyakit TBC melalui tindakan dari siswanya. Teori Health Belief Model menjelaskan bahwa perilaku kesehatan individu dipengaruhi dari persepsi kesehatan. Studi ini dilakukan pada siswa SMP Negeri “YZ” Surabaya wilayah kelurahan Tanah Kalikedinding Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah unruk menganalisis faktor yang berhubungan dengan perilaku siswa SMP Negeri “YZ” Surabaya dalam melakukan tindakan pencegahan penyakit TBC dalam kerangka Health Belief Model. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitik dan menggunakan pendekatan cross sectional dimana data dikumpulkan dalam suatu waktu tertentu secara bersamaan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7 dan 8 SMP Negeri “YZ” Surabaya dengan besar sampel 85 responden. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji statistik Chi-Square. Pengambilan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dengan hasil uji statistik Sig. = 0,004, persepsi ancaman dengan hasil uji statistik Sig. = 0,016, persepsi manfaat dengan hasil uji statistik Sig. = 0,003, persepsi hambatan dengan hasil uji statistik Sig. = 0,001, persepsi keyakinan diri dengan hasil uji statistik Sig. = 0,013, dan isyarat melakukan tindakan dengan hasil uji statistik Sig. = 0,093. Dari hasil tersebut diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan, persepsi ancaman, persepsi manfaat, persepsi hambatan, persepsi keyakinan diri dengan tindakan pencegahan penyakit TBC, dan tidak terdapat hubungan antara isyarat melakukan tindakan dengan tindakan pencegahan penyakit TBC pada siswa SMP Negeri “YZ” Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.284/18 Afi a
Uncontrolled Keywords: Tuberculosis, Health belief model, middle school students
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC306-320.5 Tuberculosis
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NISRINA ZAGITA AFIFAH, 101411131083UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuji Sulistyowati, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 26 Nov 2018 13:16
Last Modified: 26 Nov 2018 13:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75802
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item