PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA PANTAI PAYANGAN (Studi Deskriptif tentang Pengembangan Potensi Obyek Wisata Pantai Payangan di Desa Sumberrejo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember)

DEVI MERGI MUTIARASARI, 151511413050 (2018) PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA PANTAI PAYANGAN (Studi Deskriptif tentang Pengembangan Potensi Obyek Wisata Pantai Payangan di Desa Sumberrejo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak fv pw 61 18.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FV PW 61 18 Mut p.pdf
Restricted to Registered users only until 29 November 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Potensi wisata merupakan perubahan bentuk permukaan bumi yang ditimbulkan oleh proses alam yaitu tenaga endogen, misalnya pegunungan, danau, sungai atau bentuk lain. Potensi obyek wisata juga terjadi karena suatu proses yang dapatdisebabkan budidaya manusia.Potensi tersebut dapat berupa kenampakan alam alami yang dimiliki oleh tempat tersebut, dalam hal ini stakeholder yang bertanggung jawab terhadap obyek wisata tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakanmetode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kabupaten Jembermerupakan salah satu daerah tujuan wisata di Provinsi Jawa Timur. Dari beberapa obyek wisata yang dimiliki oleh kabupaten Jember salah satunya adalah obyek wisata Pantai Payangan. Pantai payangan ini memiliki potensi dan daya tarik wisata untuk dikembangkan lebih baik. Pantai Payangan adalah obyek wisata alam yang telah dibukaoleh umum sejak tahun 2014 dan berlokasi di kawasan pantai Selatan Kabupaten Jember, tepatnya di Desa Sumberrejo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Dari hasil penilitian ini potensi yang ada di pantai Payangan ini di kembangkan oleh lembaga masyarakat sekitar atau yang disebut MASSAWI. Lembaga tersebut merupakan sekelompok masyarakat yang sadar akan adanya potensi wisata yang ada di kawasan Payangan, berupa pemandangan laut dengan gugusan bukit-bukit dan kekayaan lainya. Keberhasilan lembaga MASSAWI dalam mengembangkan obyek dan daya tarik pantai Payangan akan berhasil apabila pemerintah daerah kabupaten Jember juga memahami dan membantu akan adanya pengembangan daya tarik obyek wisata pantai Payangan, sehingga pantai Payangan dapat menjadi destinasi tujuan wisata unggulan

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PW 61 18 Mut p
Uncontrolled Keywords: Potensi, Daya tarik, Lembaga Masyarakat, Kabupaten Jember
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
DEVI MERGI MUTIARASARI, 151511413050UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNovianto Edi Suharno, SST Par., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 29 Nov 2018 10:08
Last Modified: 29 Nov 2018 10:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75868
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item