PREFERENSI OBYEK WISATA (Studi Deskriptif Tentang Preferensi Obyek Wisata Pilihan Masyarakat Kelurahan Wonorejo Kecamatan Tegalsari Surabaya)

INTAN NURBAROTO, 151511413074 (2018) PREFERENSI OBYEK WISATA (Studi Deskriptif Tentang Preferensi Obyek Wisata Pilihan Masyarakat Kelurahan Wonorejo Kecamatan Tegalsari Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak FV PW 64 18.pdf

Download (701kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Fv PW 64 18 Nur p.pdf
Restricted to Registered users only until 29 November 2021.

Download (755kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Setiap orang berhak melakukan kegiatan berwisata terutama pada saat akhir pekan atau Long Weekend. Orang yang melakukan kegiatan berwisata tidak memandang dari usia maupun pekerjaan apalagi pada kelompok masyarakat, namun berdasarkan preferensi wisata atau pilihan wisata seperti apa yang dibutuhkan. Dalam melakukan kegiatan wisata perlu diperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi. Tujuan berwisata terutama saat akkhir pekan atau long weekend yaitu untuk mengetahui yang menjadi preferensi wisata dikalangan masyrakat. Oleh sebab itu dilakukan penelitian tentang preferensi wisata pada masyarakat. Penelitian yang dimaksud adalah peneliti berusaha menggambarkan fenomena atau hubungan antara fenomena yang diteliti dengan sistematis, aktual dan akurat. Metode yang digunakan adalah deskriptif Kuantitatif dengan penentuan samplingnya menggunakan teknik cluster samplingdengan kuisioner sebagai pedoman wawancara. Teknik ini dipilih karena pertimbangan tertentu sesuai dengan tujuan penelitinya seperti biaya yang dikeluarkan, tempat dan waktu yang dibutuhkan. Penyebaran kuisioner dilakukan pada usia 20 hingga 59 tahun yang berdomisili Surabaya Pusat khususnya di Kecamatan Tegalsari dengan Kelurahan Wonorejo. Penelti menganbil sample sebanyak 80 responden baik laki – laki maupun perempuan. Untuk menganalisa data peneliti menggunakan editing, memilih variable atau koding, memasukkan data dan menganalisis data dengan menggunakan program SPSS 16.0. penyajian data berupa tabel, tabulasi silang, dan frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, mayoritas masyarakat memilih obyek wisata alam karena obyek wisata alam di Surabaya sendiri hanya beberapa, disisi lain mencari suasana yang sejuk dan tidak bising dengan harapan dapat menghilangkan stress, jenuh dan bosan dari kegiatan sehari – hari yang dilakukan pada saat bekerja. Faktor yang mempengaruhi masyarakat berwisata yaitu faktor pribadi karena berhubungan dengan gaya hidup, pekerjaan dan kepribadian serta konsep diri.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PW 64/18 Nur p
Uncontrolled Keywords: Preferensi Obyek Wisata, Pilihan Obyek Wisata, Masyarakat, Obyek Pilihan.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
INTAN NURBAROTO, 151511413074UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Emma Suriani, S.Sos, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 29 Nov 2018 14:43
Last Modified: 29 Nov 2018 14:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75872
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item