PENGARUH PERCEIVED AVAILABLE INFORMATION DALAM KONTEKS MEDIA SOSIAL PADA CORPORATE IMAGE, EMPLOYER ATTRACTIVENESS, DAN INTENTION TO APPLY PADA PERUSAHAAN STARTUP UNICORN INDONESIA

REZZA DANY INDRAWAN, 041311233206 (2018) PENGARUH PERCEIVED AVAILABLE INFORMATION DALAM KONTEKS MEDIA SOSIAL PADA CORPORATE IMAGE, EMPLOYER ATTRACTIVENESS, DAN INTENTION TO APPLY PADA PERUSAHAAN STARTUP UNICORN INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (39kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B 297-18 Ind p.pdf
Restricted to Registered users only until 28 November 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Media sosial menjadi wadah baru bagi perusahaan dalam usahanya melakukan Employer Branding. Ketersediaan informasi melalui media sosial bisa menjadi pedang bermata dua bagi perusahaan, ada peluang besar untuk memanfaatkan namun juga dapat menjatuhkan usaha perusahaan dalam pembentukan Corporate Image. Persaingan yang semakin ketat untuk mendapatkan talent yang memiliki kualitas, menuntut perusahaan melakukan usaha dalam meningkatkan Corporate Image, Employer Attractiveness yang pada akhirnya akan menambah niat pelamar mengajukan lamaran pada perusahaan tersebut. Dengan pengaruh media sosial kini perusahaan dituntut untuk menyediakan konten yang atraktif pada media sosial resmi milik perusahaan (Company Controlled-Platforms), dalam usahanya merekrut karyawan. Sekarang ini terdapat beberapa situs pencarian kerja yang memberikan review mengenai tempat kerja (Company Independent-Platforms), yang dapat menjadi sumber informasi bagi para pelamar. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengamati pengaruh ketersediaan informasi dalam konteks media sosial pada Corporate Image, Employer Attractiveness dan Intention to Apply. Partial Least Square (PLS) digunakan sebagai metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif. 165 data untuk Company Controlled-Platforms dan 141 data untuk Company Independent-Platforms terkumpul melalui kuesioner online dengan teknik Judgement Sampling. Dimana responden merupakan pelamar yang pernah mencari informasi mengenai 4 perusahaan startup unicorn Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Perceived Available Information pada konteks media sosial memiliki hubungan positif namun tidak signifikan baik pada Corporate Image dan Employer Attractiveness. Sedangkan Corporate Image berpengaruh positif signifikan pada Employer Attractiveness. Dan seperti pada penelitian terdahulu Employer Attractiveness berpengaruh positif signifikan terhadap Intention to Apply. Temuan menarik dari penelitian ini adalah Company Independent-Platforms dirasa responden lebih kredibel dibanding Company Controlled-Platforms pada uji beda yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.297/18 Ind p
Uncontrolled Keywords: Perceived Available Information, Corporate Image, Employer Attractiveness, Intention to Apply, Employer Branding, media sosial, situs pencarian kerja
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2709-2930.7 Corporations
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
REZZA DANY INDRAWAN, 041311233206UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIda Bagus Gede Adi Permana, SE., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 28 Nov 2018 11:02
Last Modified: 28 Nov 2018 11:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75891
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item