DETERMINAN HASIL CAPAIAN METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG YANG DILAKUKAN KADER KB DI KECAMATAN GUBENG, KOTA SURABAYA

FATWA RUFFA’IDA, 101411131110 (2018) DETERMINAN HASIL CAPAIAN METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG YANG DILAKUKAN KADER KB DI KECAMATAN GUBENG, KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.290-18 Ruf d ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.290-18 Ruf d SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 29 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jumlah penduduk adalah modal utama bagi negara dalam menunjang status ekonominya. Pertumbuhan penduduk yang tak terkontrol juga dapat menjadi masalah bagi suatu negara. Penggunaan metode kontrasepsi jangka panjang atau MKJP dianggap sebagai cara yang efektif dalam menurunkan angka populasi penduduk karena tingkat dropout yang rendah dibandingkan kontrasepsi lain. Akan tetapi kesadaran masyarakat dalam menggunakan MKJP masih rendah. Kader sebagai petugas lini lapangan diharapkan mampu meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan MKJP. masih banyaknya hambatan yang dialami oleh kader dalam menjalankan peran mereka sebagai kader, dianggap sebagai masalah dalam hal peningkatan kepesertaan MKJP. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan hasil capaian MKJP yang dilakukan kader KB di Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional dengan pendekatan observasional analitik. Sampel yang diteliti sebanyak 41 kader KB dari total populasi 69 orang yang diambil menggunakan teknik stratified random sampling. Analisis pengaruh menggunakan uji regresi logistik sederhana. Variabel bebas pada penelitian ini adalah usia, pendidikan, pengetahuan, lama kerja, banyak peran kader rangkap yang dimiliki, luas wilayah kerja, frekuensi KIE, sistem reward, dan intesitas pertemuan rutin. Variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil capaian MKJP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh secara bivariat adalah usia (p=0,012), banyaknya peran kader rangkap yang dimiliki (p=0,039), dan intensitas pertemuan rutin (p=0,028). Faktor yang paling berpengaruh terhadap hasil capaian MKJP adalah usia (p=0,012 dan PR=5,667). Kesimpulan pada penelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi hasil capaian MKJP antara lain usia sedang, intensitas pertemuan rutin, dan banyak peran ganda yang dimiliki. Melakukan sosialisasi guna meningkatkan minat kader usia muda, meningkatkan monitoring dan evaluasi terkait keikutsertaan kader dalam pertemuan rutin, dan membatasi banyak peran yang dimiliki kader diharapkan mampu meningkatkan hasil capaian MKJP yang dilakukan kader KB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.290/18 Ruf d
Uncontrolled Keywords: Cadre, Long-term Contraceptive Methods, Achievement Results
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG133-137.6 Conception. Artificial insemination. Contraception
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
FATWA RUFFA’IDA, 101411131110UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWindhu Purnomo, Dr., dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 29 Nov 2018 09:55
Last Modified: 29 Nov 2018 09:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75921
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item