ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA PERSEDIAAN BAHAN BAKU SODIUM TRIPOLY PHOSPATE (STPP) DENGAN METODE LOT SIZING PADA PT. PETROCENTRAL

RADIPTA PRAWADIKA PUTERA, 041112288 (2018) ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA PERSEDIAAN BAHAN BAKU SODIUM TRIPOLY PHOSPATE (STPP) DENGAN METODE LOT SIZING PADA PT. PETROCENTRAL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAKSI .pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B 307-18 Put a.pdf
Restricted to Registered users only until 29 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persediaan merupakan salah satu hal terpenting di dalam suatu perusahaan, karena pengadaan bahan baku yang tidak tepat akan berpengaruh pada biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya biaya persediaan bahan baku berdasarkan teknik Lot Sizing dengan menggunakan pendekatan Lot-For-Lot (LFL), Economic Order Quantity (EOQ), dan Fixed Order Quantity (FOQ). Penelitian ini dilaksanakan di PT. Petrocentral Gresik pada produksi produk Sodium Tripoly Phosphate (STPP) dan menitikberatkan pada dua bahan baku utama STPP, yaitu asam phosphat (H3PO4) dan natrium carbonat atau soda ash (NA2CO3) dengan menggunakan data persediaan periode tahun 2017. Dari ketiga metode Lot Sizing yang digunakan, diketahui bahwa pengeluaran biaya yang paling rendah adalah Lot-For-Lot (LFL), yang kedua adalah Economic Order Quantity (EOQ), dan yang ketiga adalah Fixed Order Quantity (FOQ). Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik Lot Sizing dengan biaya yang paling efisien untuk dapat digunakan oleh perusahaan adalah pendekatan Lot-For-Lot (LFL) dibandingkan dengan kedua pendekatan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.307/18 Put a
Uncontrolled Keywords: Material requirement planning (MRP), lot sizing, Lot-For-Lot (LFL), Economic Order Quantity (EOQ), Fixed Order Quantity (FOQ), persediaan, pengadaan, biaya penyimpanan, bahan baku.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
RADIPTA PRAWADIKA PUTERA, 041112288UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFebriana Wurjaningrum, S.E., M.T.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 29 Nov 2018 09:45
Last Modified: 29 Nov 2018 09:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75922
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item