ANALISIS HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI DENGAN INDIVIDUAL WORK PERFORMANCE BIDAN DESA DI PUSKESMAS KABUPATEN SAMPANG

HERLINA NOVITA, 101411131130 (2018) ANALISIS HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI DENGAN INDIVIDUAL WORK PERFORMANCE BIDAN DESA DI PUSKESMAS KABUPATEN SAMPANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.298-18 Nov a ABSTRAK.pdf

Download (62kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.298-18 Nov a SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 29 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keberadaan bidan desa merupakan strategi dalam meningkatkan kesehatan ibu dan anak. Kualitas pelayanan bidan desa yang baik dapat mencegah kematian neonatal dengan deteksi dini terjadinya komplikasi neonatus. Target cakupan penanganan komplikasi neonatus tahun 2016 yaitu 90% dan tahun 2017 sebesar 95%. Sebesar 71,43% Puskesmas belum mencapai target Kabupaten Sampang pada tahun 2017. Kepuasan kerja dan komitmen organisasional berkaitan dengan kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kepuasan kerja dan komitmen organisasi dengan individual work performance bidan desa. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dan bersifat observasional dengan tidak memberikan perlakuan pada sampel. Penelitian ditinjau dari segi waktu maka termasuk desain penelitian cross sectional. Besar sampel dalam penelitian ini yaitu 85 bidan desa menggunakan teknik pengambilan sampel acak bertingkat. Data kepuasan kerja, komitmen organisasi dan kinerja diperoleh dengan penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan kepuasan kerja (p=0,109) dan komitmen organisasi (p=1,000) terhadap individual work performance. Hasil penelitian ini juga menunjukan ada hubungan antara kepuasan terhadap rekan kerja (p=0,022), kepuasan terhadap lingkungan eksternal (p=0,004) dan kepuasan terhadap promosi (p=0,001) dengan individual work performance. Sedangkan semua indikator dari komitmen organisasi tidak berhubungan dengan individual work performance bidan desa. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada hubungan kepuasan kerja terhadap rekan kerja, lingkungan eksternal dan promosi dengan individual work performance bidan desa. Oleh karena itu, disarankan Puskesmas dan pihak terkait untuk melibatkan masyarakat dalam umpan balik program, mengikuti kegiatan masyarakat seperti musyawarah masyarakat desa, meningkatkan hubungan dan komunikasi dengan rekan kerja dan promosi berdasarkan hasil kerja atau prestasi kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.298/18 Nov a
Uncontrolled Keywords: job satisfaction, organizational commitment and individual work performance of village midwife
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT89-120 Specialties in nursing
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
HERLINA NOVITA, 101411131130UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatna Dwi Wulandari, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 29 Nov 2018 14:35
Last Modified: 29 Nov 2018 14:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75964
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item