ANDREI OBAYA PAKSI, 040912099 (2013) PERANCANGAN BALANCED SCORECARD DAN KPI (KEY PERFORMANCE INDICATORS) SEBAGAI SISTEM PENGUKURAN KINERJA PADA PT. MITRA ANDALAN TRANS ANUGERAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-paksiandre-26841-5.abstr-i.pdf Download (198kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
54.gdlhub-gdl-s1-2013-paksiandre-FULLTEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
PT. Mitra Andalan Trans Anugerah merupakan perusahaan perseroan terbatas yang bertempat di Perak, Surabaya, Jawa Timur. Perusahaan ini bergerak di bidang freight forwarding, yaitu perusahaan yang memberikan pelayanan pengiriman barang dalam jumlah besar menggunakan kontainer melalui jalur darat dan laut. PT. Mitra Andalan Trans Anugerah berdiri sekitar setahun yang lalu, dan sudah memiliki pelanggan sebanyak 20 perusahaan serta memiliki sejumlah armada darat berupa truck sebanyak 70 buah. Selama ini perusahaan mengalami peningkatan laba tetapi kinerja yang dilakukan belum mencapai target yang sudah ditetapkan oleh perusahaan, karena perusahaan hanya mengukur kinerjanya dari aspek keuangan saja, oleh karena itu perlu adanya perbaikan dalam strategi guna meningkatkan kinerja perusahaan melalui alat pengukuran yang mencakup seluruh aspek dalam perusahaan, baik dari sisi keuangan maupun non keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat alat ukur yang mampu mencakup dan mengukur kinerja perusahaan dari aspek keuangan maupun non keuangan, yaitu dengan menggunakan Balanced Scorecard. Tahap-tahap yang dilakukan untuk memperoleh data adalah dengan melakukan wawancara kepada pihak perusahaan guna menentukan sasaran strategis pada 4 perspektif Balanced Scorecard (Keuangan, Pelanggan, Internal Proses Bisnis, Pembelajaran dan Pertumbuhan), Strategy Map, Key Performance Indicators yang pada model Balanced Scorecard akan digunakan sebagai ukuran hasil yang dapat diukur oleh perusahaan, dan menetapkan target dan pembobotan pada tiap-tiap Key Performance Indicators. Hasil akhir dari penelitian ini berupa alat ukur kinerja yang didalamnya terdapat KPI sebagai ukuran keberhasilan dari sasaran strategik yang terbagi dalam 4 perspektif Balanced Scorecard : Key Performance Indicators A. Perspektif Keuangan : Peningkatan Pendapatan, Persentase Pertumbuhan Penjualan, dan Penurunan Biaya B. Perspektif Pelanggan : Jumlah Komplain yang diterima PT. MATA, Persentase Retensi Pelanggan, dan Jumlah Pelanggan Baru C. Perspektif Internal Bisnis Proses : Persentase Ketepatan Pengiriman dan Persentase Cacat dan Kehilangan Barang D. Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan : Jumlah Karyawan yang telah Mengikuti Pelatihan dan Total Turn Over Karyawan
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 176/13 Pak p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | BALANCED SCORECARD | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Yuliana Ariandini Ayuningtyas | ||||||
Date Deposited: | 09 Sep 2013 12:00 | ||||||
Last Modified: | 03 Aug 2016 06:11 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7599 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |