AKUNTABILITAS PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (ADD) (STUDI PADA DESA DI KECAMATAN KABAT KABUPATEN BANYUWANGI)

NURY RAHAYU, 041411535031 (2018) AKUNTABILITAS PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (ADD) (STUDI PADA DESA DI KECAMATAN KABAT KABUPATEN BANYUWANGI). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
PSDKU. A. 07-18 Rah a Abstrak.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
PSDKU. A. 07-18 Rah a.pdf
Restricted to Registered users only until 3 December 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dari pinsip akuntabilitas dan transparansi desa dalam mengelola Alokasi Dana Desa (ADD) sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pengelolaan dana masyarakat oleh pemerintah desa sebagai pelaksananya. Tahap pertama yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, serta pertanggungjawaban terhadap Alokasi Dana Desa. Penelitian ini dilakukan karena besarnya dana yang diberikan pemerintah rentan terhadap penyelewengan akibat dari kurangnya transparansi kepada publik. Serta mengetahui kesesuaian kinerja dengan ketentuan yang berlaku. metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada Sembilan desa diwilayah Kecamatan Kabat dengan pengumpulan data dilakukan secara langsung di lapangan dengan wawancara dengan Narasumber terdiri dari bendahara desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), perwakilan masyarakat, Kepala Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Masyarakat (PMKM) Kecamatan Kabat, Kepala Subbidang Pemerintahan Desa DPM & Pemdes Kabupaten Banyuwangi, dan Bendahara Keuangan BPKAD Kabupaten Banyuwangi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan hingga pelaksanaan telah sesuai dengan prosedur yang berlaku dan pengelolaannya telah dilakukan secara akuntabel dan transparan. Namun dalam tahap pengawasan masih belum berjalan baik karena kurangnya transparansi terhadap masyarakat. Sedangkan untuk pertanggungjawaban sudah cukup baik sesuai peraturan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSDKU. A. 07-18 Rah a
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas, Transparansi, Alokasi Dana Desa, Dana Publik
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4530 Investment companies. Investment trusts. Mutual funds
Divisions: 17. PSDKU Banyuwangi > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
NURY RAHAYU, 041411535031UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Ningsih, Dr., SE., M.Si., Ak,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 03 Dec 2018 12:00
Last Modified: 03 Dec 2018 12:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76066
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item