KEDUDUKAN KREDITOR PASCA PEMBATALAN SERTIPIKAT HAK MILIK YANG DIBEBANI HAK TANGGUNGAN(ANALISIS PUTUSAN NOMOR 55/PDT/2012/PT.SULTRA)

REXY RIONALDI REFRI, S.H, 031624253054 (2018) KEDUDUKAN KREDITOR PASCA PEMBATALAN SERTIPIKAT HAK MILIK YANG DIBEBANI HAK TANGGUNGAN(ANALISIS PUTUSAN NOMOR 55/PDT/2012/PT.SULTRA). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 4 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang dalam penulisan ini yaitu dimana salah satu kegiatan perbankan yakni pemberian kredit. Setiap tahapan proses pemberian kredit harus senantiasa dilaksanakan dengan menerapkan prinsip kehati-hatian. Dalam tesis ini penulis mengangkat sebuah kasus dimana terdapat didalam Putusan Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara dengan nomor register perkara 55/PDT/2012/PT. SULTRA yang didalam amar putusan majelis hakim menyatakan Sertipikat Hak Milik yang menjadi sengketa tersebut tidak memiliki kekuatan hukum yang mengikat dan memerintahkan untuk mengembalikan objek sengketa tersebut kepada penggugat yang dalam hal ini merupakan pihak ketiga akan tetapi objek yang menjadi sengketa dalam kasus ini telah lebih dahulu diikat dengan Hak Tanggungan pada salah satu bank di Kota Kendari dan pada saat pengikatan tersebut setelah melewati proses checking di Kantor Pertanahan Kota Kendari tidak ditemukan adanya masalah pada Sertipikat Hak Milik tersebut. Teknik yang digunakan dalam penulisan tesis ini yaitu pendekatan melalui perundangundangan, pendekatan konseptual dan pendekatan kasus. Pendekatan melalui peraturan perundang-undangan dilakukan dengan mengidentifikasi serta membahas peraturan perundang-undang yang berlaku serta berkaitan dengan permasalahan yang dianalisa. Pendekatan konseptual dilakukan dengan membahas konsep-konsep hukum yang ada berdasarkan peraturan perundang-undangan. Pendekatan kasus dilakukan dengan memperhatikan ratio decidendi hakim yaitu alasan-alasan hukum yang digunakan oleh hakim untuk sampai kepada putusannya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TMK 162/18 Ref k
Uncontrolled Keywords: Bank, Kredit, Jaminan, Sertipikat Hak Milik, Hak Tanggungan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG3691-3769 Credit. Debt. Loans
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
REXY RIONALDI REFRI, S.H, 031624253054UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTrisadini Prasastinah Usanti, Dr.,S.H.,M.HUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2018 11:07
Last Modified: 04 Dec 2018 11:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76117
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item