KEDUDUKAN CALON NOTARIS YANG MELAKUKAN KEGIATAN MAGANG PADA KANTOR NOTARIS

RANDY ESA WIBOWO, S.H., 031624253057 (2018) KEDUDUKAN CALON NOTARIS YANG MELAKUKAN KEGIATAN MAGANG PADA KANTOR NOTARIS. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 4 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tesis ini berjudul Kedudukan Calon Notaris yang Melakukan Kegiatan Magang pada Kantor Notaris. Tipe penelitian ini menggunakan tipe penelitian hukum yang bersifat yuridis normatif, yaitu penelitian dengan cara mengkaji peraturan perundang-undangan yang berlaku. Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh Calon Notaris untuk dapat diangkat menjadi Notaris adalah melakukan magang selama 24 (dua puluh empat) bulan pada kantor Notaris, sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 3 huruf f UUJN, namun bagaimana jika Calon Notaris tidak melaksanakan kewajiban magang sebagaimana mestinya pada kantor Notaris, dalam penelitian ini menghasilkan rumusan masalah mengapa Calon Notaris diwajibkan melakukan kegiatan magang pada Kantor Notaris serta bagaimana tanggung jawab Calon Notaris pada kegiatan magang yang tidak sebagaimana mestinya pada kantor Notaris. Calon Notaris diwajibkan melakukan kegiatan magang karena ilmu kenotariatan merupakan ilmu pengetahuan langsung atau lebih dikenal dengan istilah Parate Kennis, selain itu magang juga dilakukan karena diatur dalam Peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai Jabatan Notaris serta untuk meningkatkan keterampilan Calon Notaris. Calon Notaris yang melakukan kegiatan magang tidak sebagaimana mestinya pada kantor Notaris tidak dapat dikenakan sanksi oleh UUJN karena UUJN hanya mengatur mengenai Jabatan Notaris saja. Sebaliknya Notaris penerima magang dapat dikenakan sanksi pidana pemalsuan surat jika dikemudian hari terbukti mengeluarkan Surat Keterangan Magang yang merupakan salah satu syarat pengangkatan Notaris yang tidak sesuai dengan kenyataannya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TMK 167/18 Wib k
Uncontrolled Keywords: Notary Candidate, Internship, Notary Public’s Office
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB130 Legal research. Legal bibliography. Methods of bibliographic research
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
RANDY ESA WIBOWO, S.H., 031624253057UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurwahjuni, S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2018 13:00
Last Modified: 04 Dec 2018 13:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76127
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item