HARRIS PRASETYA RAHMANDIKA, 041411233019 (2018) PENGARUH PRODUCT ATTRIBUTE INFORMATION, DAN PERSONAL PROFILE INFORMATION TERHADAP INFORMATION CREDIBILITY, TRUST, ATTITUDE TOWARD PRODUCT, DAN RESERVATION INTENTION PADA JASA PENGINAPAN DI SITUS AIRBNB. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (217kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
B 343-18 Rah p.pdf Restricted to Registered users only until 4 December 2021. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini menguji perbedaan information credibility dan trust pada laman penawaran jasa penginapan di Airbnb berdasarkan kelengkapan konten informasi dari product attribute information dan personal profile information menggunakan uji MANOVA, kemudian menguji pengaruh information credibility dan trust terhadap attitude toward product dan reservation intention menggunakan uji SEM. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 (product attribute information complete vs incomplete) x 2 (personal profile information complete vs incomplete) pada 200 partisipan mahasiswa. Sebelum dilakukan main test, dalam penelitian ini dilakukan cek manipulasi untuk memastikan partisipan memahami kondisi serta stimuli yang dibuat oleh peneliti. Variabel terukur information credibility (5 indikator), trust (5 indikator), attitude toward product (5 indikator), dan reservation intention (5 indikator) diukur dengan masing-masing skala Likert 5 poin. Dalam penelitian ini, pada main effect ditemukan bahwa kondisi product attribute information yang berbeda menghasilkan perbedaan yang signifikan pada information credibility, trust, sedangkan kondisi personal profile information yang berbeda juga menghasilkan perbedaan yang signifikan terhadap information credibility, trust. Pada interaction effect ditemukan bahwa kombinasi product attribute information dan personal profile information tidak menghasilkan perbedaan yang signifikan pada information credibility dan trust. Selain itu, dalam penelitian ini terbukti bahwa information credibility dan trust berpengaruh positif pada attitude toward product, kemudian attitudes toward product berpengaruh positif terhadap reservation intention.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B.343/18 Rah p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Product attribute information, personal profile information, information credibility, trust, attitude toward product, reservation intention, MANOVA, SEM | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | sugiati | ||||||
Date Deposited: | 04 Dec 2018 13:14 | ||||||
Last Modified: | 04 Dec 2018 13:14 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76131 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |