HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DAN PERILAKU AGRESIF ANAK AUTISME DI DAYCARE CENTER PSIKIATRI ANAK RSUD DR. SOETOMO SURABAYA

Talitha Yuliaputri Aden, NIM011411131057 (2018) HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DAN PERILAKU AGRESIF ANAK AUTISME DI DAYCARE CENTER PSIKIATRI ANAK RSUD DR. SOETOMO SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FK PD 31 18 Ade h.pdf
Restricted to Registered users only until 6 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Gangguan spektrum autisme (Autism Spectrum Disorders / ASD) yang didefinisikan oleh Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5) adalah kelemahan dalam komunikasi sosial dan interaksi sosial dan perilaku, minat, dan perilaku repetisi yang terbatas (repetitive behaviors). Agresivitas adalah perilaku atau kecenderungan perilaku yang diniati untuk menyakiti orang lain, baik secara fisik maupun psikologis. Keluarga merupakan pihak utama yang menjadi wadah anak dengan autisme hidup dan berkembang. Pola asuh merupakan model dan cara untuk mendidik anak, yang digunakan atau diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sistem atau cara tersebut meliputi cara mengasuh, membina, mengarahkan, membimbing dan memimpin anak. Pola asuh yang baik dan sikap positif terhadap keberadaan anak akan menumbuhkan konsep diri positif bagi anak dalam menilai diri sendiri. Jika lingkungan memberikan sikap yang baik dan positif, maka anak akan membentuk konsep diri yang positif. Mendidik anak dengan ASD menghadirkan tantangan untuk siapapun yang mendidik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya hubungan jenis polaasuh orangtua dengan keparahan perilaku agresif anak dengan autisme. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional bersifat cross-sectional yang dilakukan pada orangtua atau wali dari anak ASD yang diterapi di Daycare Psikiatri Anak RSUD Dr. Soetomo yang berumur 3-11 tahun dan memenuhi kriteria diagnosis autisme menurut DSM-IV/DSM-V/PPDGJ-3. Instrumen yang digunakan adalah KPAA (Kuesioner Pola Asuh Anak) Raden Irawati Ismail dengan hasil uji validitas Cronbach coefficient alpha KPAA yang diisi ibu 0,8437, yang diisi ayah 0,8365, artinya memiliki nilai kepercayaan yang tinggi. dan kuesioner Overt Agression Scale oleh Yudofsky yang sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia dan sudah dilakukan face validity oleh Hotma Marintan pada tahun 2010. Analisis data menggunakan uji statistik non-parametrik Kruskal-Wallis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara perbedaan jenis pola asuh dengan tingkat agresivitas pada anak dengan ASD (p > 0,05)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKA FK. PD. 31/18 Ade h
Uncontrolled Keywords: Autism, Parenting, Agressivity
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
Talitha Yuliaputri Aden, NIM011411131057NIM011411131057
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSasanti Juniar, dr., SpKJ(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 06 Dec 2018 10:13
Last Modified: 06 Dec 2018 10:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76219
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item