INTERNASIONALISASI BUDAYA INDUSTRI KREATIF: STUDI KOMPARASI COOL JAPAN DAN KOREAN WAVE

ADE MAULYDA RAMSEY, 071411231063 (2018) INTERNASIONALISASI BUDAYA INDUSTRI KREATIF: STUDI KOMPARASI COOL JAPAN DAN KOREAN WAVE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.HI.70 18 Ram i.pdf

Download (121kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.HI.70 18 Ram i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.HI.70 18 Ram i.pdf

Download (216kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Cool Japan dan Korean Wave dipahami sebagai brand, strategi, dan kebijakan dari industri kreatif Jepang dan Korea Selatan. Berbagai strategi internasionalisasi maupun lokal yang dilakukan oleh Jepang dan Korea Selatan terhadap industri kreatif masing-masing, tidak terlepas dari tujuan masing-masing negara untuk semakin mengembangkan perekonomiannya. Selain itu, Cool Japan dan Korean Wave yang dicetuskan dari pemerintah negara masing-masing menggunakan budaya populer dengan ekspor konten sebagai cara untuk menambah pemasukan negara. Dengan menggunakan pendekatan growth model dari Empat Model Industri Kreatif, didukung oleh teori ekonomi, yang apabila dikaitkan dengan growth model yang melihat nilai positif industri kreatif dalam perekonomian sebuah negara, memunculkan pentingnya informasi, kreativitas, dan budaya yang khas dalam menjadikannya komoditas ekonomi. Terlepas dari berbagai tujuan kedua negara tersebut, kedua industri kreatif ini memiliki persamaan dan perbedaan dalam perkembangan, hingga strategi masing-masing industri kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI.70/18 Ram i
Uncontrolled Keywords: Cool Japan, Korean Wave, industri kreatif, komparasi industri kreatif, industri kreatif asia timur
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia > 6651 Political institutions and public administration (Asia,Africa, Australia, Pacific Area, etc.)
J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ4835-5490 International organizations and associations > JZ4850-5490 Intergovernmental organizations. IGOs
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
ADE MAULYDA RAMSEY, 071411231063UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJoko Susanto, S.I.P., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 06 Dec 2018 09:43
Last Modified: 06 Dec 2018 09:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76221
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item