KESESUAIAN DAN KELENGKAPAN IDENTITAS PASIEN PADA REKAM MEDIS RAWAT INAP DI SMF KESEHATAN KULIT DAN KELAMIN RSUD DR. SOETOMO

Eky Zulfikar Mohammad, NIM011411133062 (2018) KESESUAIAN DAN KELENGKAPAN IDENTITAS PASIEN PADA REKAM MEDIS RAWAT INAP DI SMF KESEHATAN KULIT DAN KELAMIN RSUD DR. SOETOMO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FK PD 36 18 Moh k.pdf
Restricted to Registered users only until 6 December 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rekam medis merupakan salah satu aspek penting dalam menilai kualitas layanan kesehatan (Keputusan Menkes RI, 2005). Salah satu aspek penting dalam penulisan rekam medis ialah penulisan identitas rekam medis, hal ini berpengaruh pada keselamatan pasien terkait tindakan yang akan diberikan. Penulisan rekam medis bertujuan untuk menunjang tercapainya tertib administrasi dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan di rumah sakit (Permenkes RI, 2008). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional bertujuan mengidentifikasi penulisan identitas rekam medis yang tidak sesuai dengan standar di SMF Kesehatan Kulit dan Kelamin RSUD dr. Soetomo. Berdasarkan waktunya, maka penelitian ini merupakan penelitian transversal study karena data yang diperoleh diambil dalam waktu yang sama. Penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling. Rekam medis sampel yang digunakan sebanyak 15 rekam medis rawat inap. Data yang berhasil dikumpulkan dalam penelitian ini berupa nama, nomer rekam medis, jenis penyakit, tanggal lahir, jenis kelamin, tempat domisili, nomer hp, nomer identitas, status perkawinan, suku/ bangsa/ bahasa, agama, pendidikan terakhir dan pekerjaan. Hasil penelitian ini ditemukan kesesuaian dan kelengkapan identitas pasien pada rekam medis rawat inap di bagian rawat inap ruang Kemuning I dan Kemuning II RSUD Dr. Soetomo periode Juli - Desember 2016 belum sesuai dengan standar Petunjuk Teknis Pengisian Berkas Rekam Medis Rawat Inap RSUD Dr. Soetomo Edisi Kedua Tahun 2017.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKA FK. PD. 36/18 Moh k
Uncontrolled Keywords: Medical records, fitness, completeness, identity, medical error, quality of service, JKN
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
Eky Zulfikar Mohammad, NIM011411133062NIM011411133062
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEdi Suyanto, dr., Sp.F, SH., MHKesUNSPECIFIED
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 06 Dec 2018 12:44
Last Modified: 06 Dec 2018 12:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76256
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item