PENERIMAAN MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS AIRLANGGA MENGENAI PEMBERITAAN “PEMBERIAN KARTU KUNING JOKOWI OLEH KETUA BEM UI” DALAM MEDIA ONLINE LINE TODAY PERIODE 2-11 FEBRUARI 2018

IMA RISTIANA, 071411531048 (2018) PENERIMAAN MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS AIRLANGGA MENGENAI PEMBERITAAN “PEMBERIAN KARTU KUNING JOKOWI OLEH KETUA BEM UI” DALAM MEDIA ONLINE LINE TODAY PERIODE 2-11 FEBRUARI 2018. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.65 18 Ris p.pdf

Download (17kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.65 18 Ris p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.65 18 Ris p.pdf

Download (173kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penerimaan dan pemaknaan Mahasiswi FISIP Universitas Airlangga mengenai pemberitaan kartu kuning Jokowi oleh Ketua BEM UI sesuai dengan frame of reference dan field of experience dari khalayak individu masing-masing. Media online Line Today dipilih karena menempati posisi pertama masyarakat Indonesia dalam mencari berita dibandingkan sumber berita lain seperti Sosial Media (Twitter, Facebook, Instagram), Search Engine (Google, Wikipedia), Media Cetak, Portal Berita (Kompas.com, Detik.com) maupun TV dan Radio. Permasalahan penelitian ini yaitu bagaimana penerimaan informan mengenai pemberitaan pemberian kartu kuning Jokowi oleh Ketua BEM UI dalam Media Online Line Today Periode 2-11 Februari 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, tipe deskriptif dengan menggunakan metode penelitian analisis resepsi. Adapun tinjauan pustaka dalam penelitian ini diantaranya, Khalayak Penerima Pesan Media, Analisis Resepsi, Situs Portal Berita Online, Media Politik di Indonesia, Berita Politik, Gerakan Mahasiswa di Indonesia serta Tanda, Simbol dan Pemaknaannya sebagai Alat Komunikasi. Pada teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan indepth interview untuk mendapatkan data kualitatif dari informan. Dalam penelitian ini ditemukan adanya dua pemaknaan berbeda yang diberikan oleh informan mengenai pemberitaan kartu kuning Jokowi oleh Ketua BEM UI dalam media online Line Today periode 2-11 Februari 2018. Informan yang beroposisi memiliki pemaknaan, saat ini pimpinan media membawa kepentingan politik menyebabkan media tidak bersifat netral, sedangkan informan yang memaknai dinegosiasi ada hal yang setuju dan tidak setuju dengan keberpihakan pemberitaan Line Today yang lebih condong ke pemerintah. Penerimaan yang dilakukan informan dipengaruhi oleh faktor lingkungan sosial politik dan struktur kepribadian. Namun pemaknaan yang dikemukakan oleh informan, dirasa kurang tepat oleh peneliti karena Line Today hanya sebagai news aggeragtor yang menampilkan kembali berita dari portal berita lain. Portal-portal berita yang bekerja sama dengan Line Today tidak bersifat netral, membawa kepentingan dan ideologi medianya sehingga informan terkecoh dengan beritaberita yang ditampilkan dalam Line Today.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.65/18 Ris p
Uncontrolled Keywords: Penerimaan Khalayak, Berita, Kartu Kuning Jokowi, Media Online, Line Today
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
IMA RISTIANA, 071411531048UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYayan Sakti Suryandaru, Dr., S.Sos., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 07 Dec 2018 10:14
Last Modified: 07 Dec 2018 10:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76278
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item