PENYELESAIAN MULTI-OBJECTIVE FLEXIBLE JOB-SHOP SCHEDULING PROBLEM (MOFJSSP) DENGAN MENGGUNAKAN HYBRID BAT ALGORITHM (BA) DAN SIMULATED ANNEALING (SA)

FAIZAL AKHMAD ARBANI, 081311233114 (2018) PENYELESAIAN MULTI-OBJECTIVE FLEXIBLE JOB-SHOP SCHEDULING PROBLEM (MOFJSSP) DENGAN MENGGUNAKAN HYBRID BAT ALGORITHM (BA) DAN SIMULATED ANNEALING (SA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
MPM. 77-18 Arb p.pdf
Restricted to Registered users only until 7 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Flexible job shop scheduling problem merupakan salah satu masalah penjadwalan denganto sejumlah pekerjaan dengan urutan tertentu yang harus dikerjakan, setiap operasi diproses pada satu mesin dari beberapa alternatif mesin yang tersedia. Tujuan skripsi ini adalah menyelesaikan Multi-objective Flexible Job Shop Scheduling Problem dengan kriteria meminimumkan Makespan, Workload terbesar dan Total Workload dari seluruh mesin dengan menggunakan hybrid Algoritma kelelawar dengan simulated annealing. Algoritma kelelawar terinspirasi dari perilaku kelelawar yang memancarkan sonar (gelombang suara ultrasonik) untuk mencari lokasi dan mangsa yang disebut ekolokasi. Algoritma kelelawar memuat proses pencarian solusi dipersekitaran solusi terbaik disebut local search oleh karena itu kemungkinan solusi dapat terjebak pada minimum lokal. Simulated annealing dapat digunakan untuk memperbaiki solusi Multi-objective Flexible Job Shop Scheduling Problem dan keluar dari jebakan minimum lokal. Simulated Annealing (SA) adalah suatu teknik pencarian acak bagi persoalan optimasi global, dan dia meniru proses annealing pada pemrosesan material suatu logam padat. Program yang digunakan untuk menyelesaikan MOFJSSP dengan algoritma kelelawar dan simulated annealing adalah Borland C++ dan diimplementasi menggunakan 2masalah penjadwalan, yaitu penjadwalan data 4 job 5 mesin dengan 12 operasi, 15 job 10 mesin dengan 56 operasi. Implementasi hybrid algoritma kalelawar dan simulated annealing pada 2 permasalahan MOFJSSP memperoleh solusi terbaik dari 4 job, 15 job dengan Fvalue 17, 74 satuan waktu. Dapat disimpulkan bahwa banyak iterasi, kelelawar dan nilai parameter epsilon lebih besar akan cenderung mempengaruhi FValue minimal yang didapatkan. Kata Kunci : Multi-Objective, Flexible Job Shop Scheduling Problem, Algoritma Kelelawar, Simulated Annealing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM. 77/18 Arb p
Uncontrolled Keywords: Multi-Objective, Flexible Job Shop Scheduling Problem, Algoritma Kelelawar, Simulated Annealing
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.73. Computer algorithms and Data structures
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
FAIZAL AKHMAD ARBANI, 081311233114UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHerry Suprajitno, Dr. , M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorEdi Winarko, Drs. , M.Cs.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 07 Dec 2018 15:08
Last Modified: 07 Dec 2018 15:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76316
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item