SUDIRMAN, NIM.: 101614453001 (2018) UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN KONSELING DAN TES HIV SUKARELA PADA MASYARAKAT BERISIKO TERINFEKSI HIV BERDASARKAN GAP ANALYSIS MODEL SERVQUAL (Studi di Puskesmas Putat Jaya dan Perak Timur Kota Surabaya. Thesis thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
TKA 37_18 Sud u ABSTRAK.pdf Download (138kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
TKA 37_18 Sud u.pdf Restricted to Registered users only until 10 December 2021. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyebabkan AIDS. HIV melemahkan sistem kekebalan tubuh dengan kumpulan gejala yang dikenal sebagai Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS). Salah satu program yang dilaksanakan Pemerintah untuk mencegah penularan HIV/AIDS adalah pelayanan Konseling dan Tes HIV (KTHIV). Service quality (kualitas pelayanan) adalah ukuran seberapa baik suatu pelayanan menemui kecocokan dengan harapan klien dengan penilaian 5 gap dalam membandingkan harapan klien dengan kinerja pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah menyusun rekomendasi upaya peningkatan pelayanan konseling dan tes HIV sukarela pada kelompok masyarakat yang berisiko terinfeksi HIV berdasarkan Gap Analysis Model Servqual di Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif menggunakan pendekatan observational analytic dengan rancang bangun cross sectional. Subjek yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 93 orang klien dan 16 orang petugas di Puskesmas. Pengelolaan dan analisis data menggunakan aplikasi komputer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesenjangan antara persepsi kepala Puskesmas terhadap harapan klien dengan harapan klien (gap 1) tidak signifikan berbeda (P = 0,798 dengan besaran gap – 0,03. kesenjangan antara persepsi kepala Puskesmas terhadap harapan klien pada pelayanan KTS HIV dengan kualitas spesifikasi pelayanan KTS HIV (Standar Pelayanan KTS HIV atau gap 2) tidak signifikan berbeda (P = 0,275) dengan besaran gap – 0,04. Kesenjangan antara pemberian pelayanan KTS HIV dengan kualitas spesifikasi pelayanan KTS HIV (Kinerja Pelayanan KTS HIV atau gap 3) signifikan berbeda (P = 0.000) dengan besaran gap – 0,02. Kesenjangan antara penilaian klien terhadap pelayanan KTS HIV dengan harapan klien pada pelayanan (Kualitas Pelayanan atau gap 5) signifikan secara statistik (P = 0.000) dengan besaran gap – 0,28. Kesimpulan: Terdapat kesenjangan yang tidak signifikan berbeda pada gap 1 (pengetahuan pelayanan KTS HIV) degan nilai gap yang negatif. Terdapat kesenjangan yang tidak signifikan berbeda pada gap 2 (standar pelayanan KTS HIV) degan nilai gap yang negatif. Terdapat kesenjangan yang signifikan berbeda pada kinerja pelayanan KTS HIV (gap 3) dengan nilai gap yang negatif. Terdapat kesenjangan yang signifikan berbeda pada kualitas pelayanan KTS HIV (gap 5) dengan nilai gap yang negatif.
Item Type: | Thesis (Thesis) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK TKA 37/18 Sud u | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Konseling dan Tes HIV, Gap analisis, SERVQUAL | |||||||||
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine R Medicine > RC Internal medicine > RC109-216 Infectious and parasitic diseases |
|||||||||
Divisions: | 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Sulistiorini | |||||||||
Date Deposited: | 10 Dec 2018 09:01 | |||||||||
Last Modified: | 10 Dec 2018 09:01 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76355 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |