DESAIN CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN UTILISASI PELAYANAN KESEHATAN COORDINATION OF BENEFIT BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN (STUDI DI RSI JEMURSARI SURABAYA)

RIKE MIA NOVITA, NIM.: 101614453043 (2018) DESAIN CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN UTILISASI PELAYANAN KESEHATAN COORDINATION OF BENEFIT BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN (STUDI DI RSI JEMURSARI SURABAYA). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKA 38_18 Nov d ABSTRAK.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 38_18 Nov d.pdf
Restricted to Registered users only until 10 December 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kerjasama COB BPJS Kesehatan dengan perusahaan selama 3 tahun terakhir meningkat, tetapi jumlah kunjungan dan utilisasi pelayanan kesehatan rendah, walaupun RSI Jemursari Surabaya sebagai rumah sakit swasta pertama yang melakukan kerjasama pelayann BPJS kesehatan di Surabaya. Penelitian ini bertujuan menyusun CRM sebagai strategi peningkatan utilisasi pelayanan kesehatan di RSI Jemursari Surabaya. Penelitian ini dilakukan di RSIJS dengan jumlah sampel 68 customer terdiri dari 35 customer aktual, 33 customer potensial. Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner dan diolah secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada komponen identify, differentiate, interact, customized dan kepuasan customer termasuk dalam kategori baik. Customer COB BPJS Kesehatan merasa puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan pada komponen reliability, tangible, empathy dan responsiveness. Hasil Identifikasi perusahaan dilakukan melalui gambaran umum perusahaan khususnya kewajiban penggunaan BPJS Kesehatan dan penanggung biaya kesehatan yang digunakan, berdasarkan komponen interact Customer lebih memilih seminar kesehatan, Berdasarkan komponen customized customer mayoritas memberikan saran untuk adanya Poli eksekutif, penambahan jadwal praktik dokter dan penambahan peralatan medis yang menunjang sebagai bentuk kegiatan untuk meningkatkan pemanfaatan pelayanan kesehatan di RSIJS Hasil penelitian ini dapat dijadikan evaluasi terhadap kebijakan COB BPJS Kesehatan di RSIJS. Desain CRM berisi tentang strategi RSIJS yang memuat gambaran masing-masing perusahaan dan customer serta program yang bisa diterapkan. Desain CRM yang tersusun dapat dijadikan acuan dalam pelaksanaan marketing khususnya COB BPJS Kesehatan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 38/18 Nov d
Uncontrolled Keywords: Coordination of Benefit, BPJS Kesehatan, Customer Relationship Marketing
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
RIKE MIA NOVITA, NIM.: 101614453043UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantErnawaty, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
ConsultantWindhu Purnomo, Dr., dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 10 Dec 2018 09:27
Last Modified: 10 Dec 2018 09:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76362
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item