OPTIMALISASI PERAN BIDAN DESA DALAM MENINGKATKAN CAPAIAN ASI EKSKLUSIF MELALUI ANALISIS SELF EFFICACY DAN WORK ENGAGEMENT (Studi di Kabupaten Kediri)

RINA FAIDAH NURANI, NIM.: 101614453049 (2018) OPTIMALISASI PERAN BIDAN DESA DALAM MENINGKATKAN CAPAIAN ASI EKSKLUSIF MELALUI ANALISIS SELF EFFICACY DAN WORK ENGAGEMENT (Studi di Kabupaten Kediri). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKA 41_18 Nur o ABSTRAK.pdf

Download (80kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 41_18 Nur o.pdf
Restricted to Registered users only until 10 December 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu upaya untuk menurunkan angka kematian bayi dan meningkatkan status gizi masyarakat adalah dengan meningkatkan pemberian ASI eksklusif. Peran bidan desa di Kabupaten Kediri dalam pencapaian ASI eksklusif masih belum optimal. Berdasarkan studi pendahuluan, diketahui bahwa hanya 55% responden yang merasa telah mendapatkan informasi dan penjelasan mengenai ASI eksklusif pada saat ANC. Kurang optimalnya pelayanan yang berkaitan dengan pencapaian ASI eksklusif kemungkinan terjadi karena kurangnya komitmen dan work engagament bidan desa. Tujuan penelitian adalah menyusun rekomendasi upaya optimalisasi peran bidan desa dalam meningkatkan Capaian ASI eksklusif melalui analisis self efficacy dan work engagement di Kabupaten Kediri. Metode Penilitian: Jenis Penelitian observsional analitik dengan rancang bangun cross sectional. Lokasi penelitian di kabupaten Kediri. Populasi adalah seluruh bidan desa PNS yang berada di 36 Puskesmas Wilayah Kabupaten Kediri. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling dengan besar sampel adalah 102 bidan desa. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh antara karekteristik berdasarkan pelatihan konselor ASI dan tugas tambahan terhadap work engagement dalam pencapaian ASI eksklusif ( p=0,003, ẞ=0,192 dan 0,000, ẞ=-0,455). Karakteristik berdasarkan masa kerja tidak tidak berpengaruh terhadap work engagement (p= 0,942). Self efficacy berpengaruh terhadap work engagement (p=0,000, ẞ=0,476). Sebagi variabel antara, work engagement berpengaruh terhadap capaian ASI esksklusif di wilayah kerja bidan desa (p=0,000, ẞ=0,529). Kesimpulan: Pencapaian ASI eksklusif di tingkat desa dipengaruhi oleh tugas tambahan, keikutsertaan pelatihan konselor ASI dan self efficacy bidan desa mealui work engagement. Rekomendasi prioritas untuk mengoptimalkan peran bidan dalam meningkatkan capaian ASI eksklusif adalah dengan meningkatkan work engagement bidan desa terhadap pencapaian ASI eksklusif. Work engagemnt dapat ditingkatkan melalui peningkatan koordinasi lintas program (promkes, gizi dan perkesmas) serta lintas setor sehingga ada kerja sama yang saling mendukung dalam pencapaian program. Meningkatkan self efficacy dengan cara meningkatkan supervisi dalam bentuk monitoring dan evaluasi terhadap capaian ASI eksklusif secara berkala melalui kegiatan Mini Lokakaryaakarya. Memberikan dukungan emosional kepada petugas dengan menggalakkan promosi melalui media masa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 41/18 Nur o
Uncontrolled Keywords: ASI eksklusif, bidan desa, self efficacy, work engagement
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG940-991 Maternal care. Prenatal care services
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
RINA FAIDAH NURANI, NIM.: 101614453049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantErnawaty, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
ConsultantSri Sumarmi, Dr, S.KM., M.Si..UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 10 Dec 2018 10:44
Last Modified: 10 Dec 2018 10:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76388
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item