REPRESENTASI ETNIS TIONGHOA DALAM VIDEO YOUTUBE CINA BANGET OLEH CAMEO PROJECT

Diva Mosaik Lintang Buana, 071411531021 (2018) REPRESENTASI ETNIS TIONGHOA DALAM VIDEO YOUTUBE CINA BANGET OLEH CAMEO PROJECT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.75 18 Bua r.pdf

Download (71kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.75 18 Bua r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.75 18 Bua r.pdf

Download (176kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menganalisa representasi etnis Tionghoa yang digambarkan melalui video Cina Banget di Youtube. Video ini menjadi objek utama untuk diteliti karena terdapat nilai-nilai stereotip terkait etnis Tionghoa di dalamnya yang belum pernah diteliti oleh orang lain. Dalam penelitian ini, peneliti berusaha untuk mendeskripsikan bagaimana penggambaran etnis Tionghoa yang divisualisasikan oleh Cameo Project dalam video YouTube Cina Banget. Sehingga dengan begitu penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu bahan rujukan bagi peneliti lain yang hendak mengkaji bidang media studis terkait topik tersebut. Seiring analisa yang dilakukan terhadap video Cina Banget ini, peneliti akan mengaitkan sejumlah teori yang berkenaan dengan teori komunikasi dalam tradisi sosiopsikologis guna membantu mendeskripsikan perilaku dalam adegan. Adapun teori prasangka turut pula menjadi rujukan peneliti untuk menganalisa stereotip yang digambarkan. Serta peneliti juga tidak lupa untuk mengimplementasikan teori-teori tersebut ke dalam analisa dengan menggunakan metode semiotik C.S. Pierce, yang menitikberatkan klasifikasi tanda berupa ikon, indeks, simbol yang kemudian dimasukan ke dalam salah satu elemen segitiga makna. Pada akhirnya hasil penelitian ini menunjukan bahwa video Youtube Cina Banget merepresentasikan sebagian besar stereotip orang Tionghoa yang sampai saat ini masih berlaku di masyarakat. Pun demikian, di sisi lain video Cina Banget juga menunjukan adanya perspektif baru yang mengatakan bahwa apa yang menjadi stereotip orang Tionghoa selama ini, kini tidak lagi relevan dengan kondisi masyarakat Tionghoa saat ini. Bahwa stereotip yang menyebut orang Tionghoa pelit, selalu berbahasa Mandarin, dan tidak dapat bermain musik ternyata tidak sepenuhnya benar, terutama apabila kita memandang hal tersebut melalui sudut pandang yang berbeda. Sehingga melalui video Cina Banget, masyarakat ditunjukan suatu pandangan baru terkait orang Tionghoa saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.75/18 Bua r
Uncontrolled Keywords: representasi, semiotik, Tionghoa, stereotip, Youtube.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV3176-3199 Special classes. By race or ethnic group
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Diva Mosaik Lintang Buana, 071411531021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLiestianingsih, Dr., Dra., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 10 Dec 2018 12:01
Last Modified: 10 Dec 2018 12:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76400
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item