PENERAPAN CUCKOO SEARCH (CS) UNTUK MENYELESAIKAN VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH SIMULTANEOUS PICKUP AND DELIVERY (VRPSPD)

UNIQUE PRINCILIANNA AUDRY, 081411231086 (2018) PENERAPAN CUCKOO SEARCH (CS) UNTUK MENYELESAIKAN VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH SIMULTANEOUS PICKUP AND DELIVERY (VRPSPD). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (56kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
MPM. 104-18 Aud p.pdf
Restricted to Registered users only until 11 December 2021.

Download (991kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan Vehicle Routing Problem with Simultaneous Pickup and Delivery (VRPSPD) dengan menggunakan Cuckoo Search. Vehicle Routing Problem with Simultaneous Pickup and Delivery (VRPSPD) adalah suatu permasalahan dalam pembentukan rute kendaraan yang digunakan untuk melayani setiap pelanggan baik pengiriman maupun pengambilan barang secara bersamaan dengan meminimumkan total jarak tempuh kendaraan untuk melayani seluruh konsumen, yang masing-masing dilayani sekali tanpa melebihi batasan kapasitas setiap kendaraan yang digunakan. Cuckoo Search merupakan algoritma yang terinspirasi dari sifat parasit beberapa spesies cuckoo yang meletakkan telurnya di sarang burung inang lainnya. Program penerapan Cuckoo Search untuk menyelesaikan VRPSPD dibuat dengan menggunakan Borland C++ yang diimplementasikan pada tiga contoh kasus yaitu data kecil dengan 8 pelanggan dan 4 kendaraan, data sedang dengan 22 pelanggan dan 4 kendaraan serta data besar dengan 100 pelanggan dan 4 kendaraan. Dari hasil running program diperoleh total jarak tempuh minimum untuk data berukuran kecil yaitu 790, untuk data berukuran sedang yaitu 132, dan untuk data berukuran besar yaitu 2924.12. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa semakin banyak jumlah sarang dan iterasi, maka penyelesaian VRPSPD cenderung lebih baik yaitu dengan total jarak tempuh yang lebih kecil. Kata Kunci: Vehicle Routing Problem (VRP), Vehicle Routing Problem with Simultaneous Pickup and Delivery (VRPSPD), Cuckoo Search (CS).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM. 104/18 Aud p
Uncontrolled Keywords: Vehicle Routing Problem (VRP), Vehicle Routing Problem with Simultaneous Pickup and Delivery (VRPSPD), Cuckoo Search (CS)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.73. Computer algorithms and Data structures
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
UNIQUE PRINCILIANNA AUDRY, 081411231086UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAsri Bekti Pratiwi, S.Si, M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorHerry Suprajitno, Dr., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 11 Dec 2018 11:19
Last Modified: 11 Dec 2018 11:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76477
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item