CETAK BIRU PELAYANAN PADA RESTORAN “X” DI SURABAYA

OKTOVONI SANDJAJA, 041524353070 (2018) CETAK BIRU PELAYANAN PADA RESTORAN “X” DI SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 11 December 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peneilitian ini bertujuan untuk menyusun cetak biru pelayanan dan strandard operating prosedur pada Restoran “X” di Surabaya. Cetak Biru Pelayanan adalah suatu gambar atau peta yang menggambarkan secara akurat sebuah sistem pelayanan, sehingga berbagai individu yang terlibat didalam penyediaan jasa tersebut dapat memahami sistem dengan baik walaupun masing-masing memiliki peran dan sudut pandang yang berbeda. Standar operating procedure dapat diartikan sebagai pedoman atau acuan melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kerja perusahaan berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif, dan prosedural sesuai dengan tata cara kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan. Penelitian ini dilakukan di sebuah Restoran “X” di Surabaya yang akan beroperasi pada tahun 2018, dalam penelitian ini Restoran “X” termasuk dalam jenis café (restoran dengan ukuran kecil). Jumlah narasumber pada penelitian ini berjumalah 8 orang (6 orang pelanggan, 1 owner, dan 1 manajer). Alat pengumpul data berupa wawancara dan observasi. Hasil wawancara digunkan untuk membuat Cetak Biru Pelayanan dan hasil observasi digunakan untuk landasan dalam membuat standar operating procedure. Dari hasil analisis data diperoleh desain cetak biru pelayanan yang sesuai dengan keinginanan pelanggan pada Restoran “X” tersebut. Kesan pertama pelanggan dimulai dari eksterior restoran dan tempat parkir. Strandard operating procedur bagi karyawan yang bekerja di Restoran “X” pada lima posisi, yaitu: pramusaji, kasir, bartender, koki, dan pencuci piring. Pemilihan lima posisi tersebut, karena dalam proses pelayanan, kelima posisi tersebut sangat berperan penting

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM 76/18 San c
Uncontrolled Keywords: service, blueprint, standard operation procedure, restaurant
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
OKTOVONI SANDJAJA, 041524353070UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Hartini, Dr. , SE., MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2018 13:44
Last Modified: 11 Dec 2018 13:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76510
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item