ANALISIS PENGELOLAAN STATUS KESEHATAN TARUNA BERDASARKAN KERANGKA FIVE LEVEL OF PREVENTION PADA UNIT KLINIK PRATAMA ATKP SURABAYA (Studi di Politeknik Penerbangan Surabaya)

SAMODERO GUMILAR, NIM.: 101614453011 (2018) ANALISIS PENGELOLAAN STATUS KESEHATAN TARUNA BERDASARKAN KERANGKA FIVE LEVEL OF PREVENTION PADA UNIT KLINIK PRATAMA ATKP SURABAYA (Studi di Politeknik Penerbangan Surabaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKA 49_18 Gum a ABSTRAK.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 49_18 Gum a.pdf
Restricted to Registered users only until 11 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Angka kesakitan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) pada Taruna di Politeknik Penerbangan Surabaya cukup tinggi, dimana ISPA menjadi nomor satu dari lima penyakit terbanyak yang ada di perguruan tinggi ini. Untuk menurunkan angka kesakitan penyakit ISPA perlu dilakukan pengendalian penyakit melalui upaya pencegahan penyakit oleh Unit Klinik Pratama ATKP Surabaya sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang ada di perguruan tinggi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menyusun rekomendasi untuk mengelola status kesehatan Taruna di Politeknik Penerbangan Surabaya berdasarkan kerangka five level of prevention pada Unit Klinik Pratama ATKP Surabaya. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan kuantitatif. Rancang bangun penelitian adalah cross sectional dengan besar sampel sejumlah 288 Taruna di Politeknik Penerbangan Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara status kesehatan Taruna dengan lama masa belajar (p=0,003) dan dengan tindakan pencegahan penyakit (p=0,014). Sedangkan jenis kelamin (p=0,369), pengetahuan (p=0,681), dan sikap (p=0,520) tidak berhubungan secara signifikan dengan status kesehatan. Selain itu, juga terdapat hubungan antara penilaian Taruna terhadap upaya pencegahan penyakit yang dilakukan oleh Unit Klinik Pratama ATKP Surabaya dengan tindakan pencegahan penyakit yang dilakukan oleh Taruna (p=0,000). Kesimpulan penelitian ini adalah kurang baiknya kualitas upaya pencegahan penyakit yang dilakukan oleh Unit Klinik Pratama ATKP Surabaya yang berimbas pada tidak baiknya perilaku Taruna dalam bertindak menghadapi penyakit, ditambah dengan tingginya tingkat stres, mempengaruhi status kesehatan Taruna di Politeknik Penerbangan Surabaya. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya pengendalian penyakit ISPA secara berkelanjutan melalui perbaikan kualitas pelayanan kesehatan di Unit Klinik Pratama ATKP Surabaya guna meningkatkan perilaku Taruna dalam melakukan pencegahan penyakit ISPA.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 49/18 Gum a
Uncontrolled Keywords: status kesehatan, taruna, five level of prevention, ISPA
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
SAMODERO GUMILAR, NIM.: 101614453011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantDjazuly Chalidyanto, Dr., S.KM., MARSUNSPECIFIED
ConsultantShrimarti Rukmini Devy, Dr., Dra., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 11 Dec 2018 14:24
Last Modified: 11 Dec 2018 14:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76515
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item