UPAYA PENINGKATAN PERSALINAN DI TENAGA KESEHATAN BERDASARKAN CONCEPTUAL FRAMEWORK OF HEALTH CARE ACCESS (Studi di Kabupaten Bondowoso)

ANISA BINTA JAMAIKA, NIM 101614453006 (2018) UPAYA PENINGKATAN PERSALINAN DI TENAGA KESEHATAN BERDASARKAN CONCEPTUAL FRAMEWORK OF HEALTH CARE ACCESS (Studi di Kabupaten Bondowoso). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKA 50_18 Jam u ABSTRAK.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 50_18 Jam u.pdf
Restricted to Registered users only until 11 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Data tren AKI di Indonesia dari tahun 1990-2015 menunjukkan bahwa Indonesia termasuk dalam daftar negara dengan AKI tertinggi di antara beberapa negara ASEAN. Salah satu faktor tingginya AKI di Indonesia adalah karena rendahnya cakupan pertolongan di tenaga kesehatan. Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu kabupaten dengan AKI yang tinggi di Jawa Timur, yakni sebesar 195,81 per 100.000 kelahiran hidup pada tahun 2016. Persalinan yang ditangani oleh dukun masih terdapat sebesar 250 persalinan (September 2017) dan sebesar 510 persalinan (2016). Oleh karena itu, tujuan penelitian adalah untuk menyusun rekomendasi peningkatan persalinan di tenaga kesehatan di Kabupaten Bondowoso. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan analitik observasional. Penelitian ini menggunakan rancang bangun cross sectional, berlokasi lima kecamatan di Kabupaten Bondowoso dan melibatkan 100 orang ibu yang melahirkan pada tahu 2017. Approachability, acceptability, availability and accomodation pelayanan persalinan tergolong cukup, sedangkan affordability pelayanan persalinan tergolong terjangkau. Sebagian besar ibu memiliki ability to perceive dan ability to seek terhadap pelayanan persalinan yang cukup. Ability to reach dan ability to pay ibu terhadap pelayanan persalinan tergolong baik. Sebagian besar ibu memiliki kebutuhan dan keinginan untuk bersalin di tenaga kesehatan. Ibu memilih untuk mencari dan mencapai pelayanan persalinan di tenaga kesehatan. Sebagian besar ibu memilih bersalin di tenaga kesehatan. Ability to perceive, ability to seek, acceptability , ability to reach, dan pencapaian ibu ke pelayanan persalinan mempengaruhi terwujudnya persalinan di tenaga kesehatan. Rekomendasi upaya peningkatan persalinan di tenaga kesehatan di Kabupaten Bondowoso dapat dilakukan melalui peningkatan kegiatan KIE kepada ibu dan keluarga, peningkatan sarana dan prasarana fasilitas pelayanan kesehatan, pemberdayaan masyarakat, peningkatan kompetensi tenaga dan kader kesehatan, promosi fasilitas RTK, dan peningkatan kerja sama lintas sektor dalam penanggulangan dan peningkatan kesehatan ibu dan anak..

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 50/18 Jam u
Uncontrolled Keywords: persalinan, tenaga kesehatan, akses pelayanan kesehatan
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
ANISA BINTA JAMAIKA, NIM 101614453006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantNyoman Anita Damayanti, Dr., drg., M.S.UNSPECIFIED
ConsultantSri Widati, Dr., S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 12 Dec 2018 09:09
Last Modified: 12 Dec 2018 09:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76569
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item