ANALISIS PERILAKU KONSUMEN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN OLEH PESERTA KARTU JUJUR SEHATI DI KOTA BIMA - NTB

NUR FITRIAH HIKMAWATI, NIM.: 101514453017 (2018) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN OLEH PESERTA KARTU JUJUR SEHATI DI KOTA BIMA - NTB. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKA 55_18 Hik a ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 55_18 Hik a.pdf
Restricted to Registered users only until 13 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persentase pemanfaatan pelayanan kesehatan oleh peserta KJS masih rendah dibandingkan dengan sasaran pelayanan KJS pada tahun 2015 dan 2016 yaitu sebesar 52,37% dan 52,84%. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun rekomendasi upaya peningkatan pemanfaatan pelayanan kesehatan oleh peserta KJS di Kota Bima berdasarkan analisis perilaku konsumen. Metode penelitian observasional analitik dengan rancang bangun cross sectional. Populasi penelitian merupakan penduduk Kota Bima yang tidak memiliki jaminan kesehatan. Besar sampel sebanyak 388 responden dengan tehnik pengambilan secara simple random sampling. Identifikasi proses pengambilan keputusan peserta KJS dalam pemanfaatan pelayanan kesehatan diperoleh informasi bahwa sebanyak 365 peserta KJS (94,1%) membutuhkan pelayanan kesehatan, melakukan pencarian informasi sebanyak 302 orang (82,7%) dan melakukan evaluasi alternatif sebanyak 192 orang (63,3%). Selanjutnya pada tahap pemanfaatan pelayanan kesehatan, terdapat 179 orang (93,3%) peserta KJS yang mengambil keputusan untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan dan mayoritas menyatakan puas (96,6%) pada tahap evaluasi pasca pemanfaatan pelayanan KJS di Puskesmas. Hasil uji regresi logistik didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh pengetahuan (p=0,006), persepsi (p=0,000), motivasi (p=0,000), dukungan sosial (p,030), budaya (0,045) dan evaluasi alternatif (p=0,000) terhadap pemanfaatan pelayanan kesehatan. Hasil analisis tersebut bermakna bahwa semakin baik pengetahuan, persepsi, motivasi dan evaluasi alternatif yang dimiliki oleh peserta KJS maka cenderung akan meningkatkan pemanfaatan pelayanan kesehatan. Rekomendasi penelitian ini meliputi bagi pemerintah Kota Bima adalah mengintegrasikan KJS dengan BPJS Kesehatan sebagai upaya penguatan komitmen dan percepatan pencapaian target universal health coverage, melakukan kajian ulang terhadap konsistensi kebijakan pelayanan KJS khususnya pelayanan perawatan di Rumah Sakit dan penyusunan perencanaan serta penganggaran tentang pembiayaan jaminan kesehatan bagi penduduk Kota Bima yang tidak terakomodir sebagai peserta BPJS Kesehatan. Bagi Dinas Kesehatan Kota Bima adalah berkomitmen melakukan pendampingan akreditasi Puskesmas, peningkatan upaya sosialisasi dan promosi tentang pelayanan KJS serta Penyediaan Kartu Indeks Utama Pasien dan Kartu Berobat bagi pasien KJS. Bagi Puskesmas adalah berkomitmen dan konsistensi terhadap penyelenggaraan akreditasi Puskesmas, pembenahan terhadap fasilitas fisik Puskesmas, menyusun rencana kebutuhan obat dan penyuluhan tentang penggunaan obat yang rasional.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 55/18 Hik a
Uncontrolled Keywords: perilaku konsumen, pemanfaatan pelayanan kesehatan, pelayanan kartu jujur sehati.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA418-418.5 Medicine and society. Social medicine. Medical sociology
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
NUR FITRIAH HIKMAWATI, NIM.: 101514453017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantErnawaty, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
ConsultantShrimarti Rukmini Devy, Dr., Dra., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 13 Dec 2018 09:35
Last Modified: 13 Dec 2018 09:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76660
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item