PERANAN STRATIFIKASI SOSIAL DAN EKONOMI TERHADAP PENGGUNAAN KATA SAPAAN ETNIS JAWA DI DESA DERMAJI, KABUPATEN BANYUMAS, JAWA TENGAH: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

OCTIVIAN DITYA WIDYANTIKO, 121311133056 (2018) PERANAN STRATIFIKASI SOSIAL DAN EKONOMI TERHADAP PENGGUNAAN KATA SAPAAN ETNIS JAWA DI DESA DERMAJI, KABUPATEN BANYUMAS, JAWA TENGAH: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FS BI 96 18 Wid p ABSTRAK.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS BI 96 18 Wid p.pdf
Restricted to Registered users only until 14 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Topik penelitian ini mempunyai dua rumusan persoalan yakni: (a) peranan stratifikasi sosial yang meliputi pendidikan dan jabatan terhadap penggunaan kata sapaan etnis Jawa di Banyumas, (b) peranan stratifikasi ekonomi yang meliputi pendapatan atau kekayaan terhadap pergeseran penggunaan kata sapaan etnis Jawa di Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya wawancara bebas dan wawancara terstruktur dengan. Objek penelitian ini adalah semua etnis Jawa yang tinggal di desa Dermaji (mutlak penduduk asli). Informan diambil secara acak namun berdasarkan spesifikasi yaitu 1) warga aslli Desa Dermaji, 2) berkisar umur 10 - 70 tahun . Informan yang diambil datanya sebanyak 86 orang dari berbagai jenis stratifikasi sosial dan ekonomi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa stratifikasi Status sosial ini berkaitan dengan posisi jabatan seseorang dan pendidikan terkahir yang ditempuh oleh seseorang. Berbicara mengenai gelar jabatan seseorang maka beberapa kosa kata yang awalnya konvensional dan sesuai dengan bahasa murninya mulai bergeser dan digantikan oleh bahasa lain. Misalnya seorang anak dari anggota kepolisian menggunakan kata sapaan mama untuk menyapa ibu yang melahirkan yang pada bahasa asalnya seharusnya memanggil mbok. Bukan hanya itu jika dilihat dari pendidikan yang ditempuh oleh seseorang maka juga mengakibatkan bergesernya sebuah kata sapaan yang diucapkan. Hal ini terbukti ketika salah satu informan di atas menjadi seorang siswa dari salah satu sekolah maka lebih sering menggunakan bahasa Indonesia dalam kegiatan interaksi komunikasi. Misalnya, menggunakan kata sapaan bapak yang digunakan untuk menyapa orang tua laki - laki kini telah bergeser menjadi ayah atau papa. Jika dilihat dari segi stratifikasi ekonomi maka berhubungan erat dengan penghasilan ataupun kekayaan seseorang. Beberapa informan yang memiliki penghasilan yang tinggi tentu kata sapaan yang digunakan pun ,mulai berubah ke arah penggunaan bahasa Indonesia. Sebagai contoh, beberapa informan telah menggunakan kata sapaan mama dan papa untuk memanggil suami istri. Hal ini memang dapat terjadi melihat informan ini lebih sering berinteraksi di lingkungan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 96/18 Wid p
Uncontrolled Keywords: stratifikassi sosial, stratifikasi ekonomi, sistem sapaan, sosiolinguistik
Subjects: P Language and Literature > PJ Semitic > PJ6073-7144 Language
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
OCTIVIAN DITYA WIDYANTIKO, 121311133056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEddy Sugiri, Drs., M. Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 14 Dec 2018 12:17
Last Modified: 14 Dec 2018 12:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76780
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item