ANYA CAHYANING TIYARESTU, 111514153029 (2018) PENERAPAN MEDIATED LEARNING EXPERIENCE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU PAUD SEBAGAI AGEN PEMBELAJARAN. Thesis thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (Abstrak)
TPsi. 48-18 Tiy p Abstrak.pdf Download (143kB) | Preview |
|
Text (Fulltext)
TPsi. 48-18 Tiy p.pdf Restricted to Registered users only until 17 December 2021. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan mediated learning experience (MLE) sebagai proses untuk meningkatkan kemampuan guru PAUD sebagai agen pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di salah satu TK di Surabaya. Masalah yang ditemukan adalah guru belum dapat memenuhi perannya sebagai agen pembelajaran untuk membantu siswa dalam proses belajar. Guru juga belum menunjukkan perannya sebagai fasilitator dalam menerapkan prinsip kurikulum 2013 yang menjadi dasar proses belajar.Pendekatan MLE menunjukkan kualitas interaksi antara guru dan siswa. Tujuan dari MLE adalah untuk membantu pembelajar menjadi lebih terampil, mandiri, dan aktif. MLE terjadi ketika orang yang lebih terampil membantu pembelajar untuk mempelajari atau memiliki pengalaman pada hal baru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus, dengan terdapat 3 sesi pada masing-masing siklus. Partisipan penelitian berjumlah 4 orang yang merupakan guru kelas TK-B. Penelitian ini menggunakan pedoman observasi mediated learning experience rating scale. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah penerapan mediated learning experience dapat meningkatkan kemampuan guru PAUD sebagai agen pembelajaran. Hal tersebut dapat diuraikan sebagai berikut 1) perubahan perilaku pada guru yang tampak pada hasil pengamatan. Hasil pengamatan menunjukkan adanya perubahan perilkau pada guru pada siklus 1 dan 2. 2) Penerapan MLE dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu kondisi atau jenis aktivitas yang sedang dilakukan dan perbedaan pengalaman guru. 3) Penerapan MLE membantu guru untuk melakukan metode pembelajaran berdasarkan prinsip kurikulum 2013, yaitu menuntut siswa untuk dapat menjadi pembelajar aktif dan mandiri
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TPsi. 48-18 Tiy p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | mediated learning experience, pendidikan anak usia dini, kurikulum 2013 | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1139.2-1139.5 Early childhood education |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Tatik Poedjijarti | ||||||
Date Deposited: | 17 Dec 2018 10:28 | ||||||
Last Modified: | 17 Dec 2018 10:28 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76861 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |