COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP DAN SELF-EFFICACY PADA PENDERITA ARTRITIS REUMATOID

RAHMANIA QURROTA A’YUN, 111514153009 (2018) COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP DAN SELF-EFFICACY PADA PENDERITA ARTRITIS REUMATOID. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
TPsi. 49-18 Ayu c Abstrak.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
TPsi. 49-18 Ayu c.pdf
Restricted to Registered users only until 17 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kualitas hidup penderita artritis reumatoid cenderung rendah, baik pada aspek fisik, psikologis, relasi sosial, dan lingkungan. Penderita dihadapkan pada keterbatasan pergerakan dan rasa nyeri yang berulang, mood negatif akibat penyakitnya, serta hubungan dengan keluarga dan teman. serta Sementara self efficacy memegang peran penting yang dapat meningkatkan status kesehatan pasien artritis reumatoid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah cognitive behavioral therapy dapat meningkatkan kualitas hidup dan selfefficacy penderita artritis reumatoid. Penelitian ini menggunakan desain penelitian single subject, pada 3 wanita penderita artritis reumatoid. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quality of Life for Rheumatoid Arthritis untuk mengukur kualitas hidup dan Rheumatoid Arthritis Self-Efficacy untuk mengukur self-efficacy. Hasil menunjukkan cognitive behavioral therapy meningkatkan kualitas hidup subjek dengan mengubah pemikiran maladaptif menjadi lebih adaptif dan mengajarkan teknik manajemen diri untuk mengatasi rasa nyeri. Teknik role play mengarahkan terjadinya peningkatan harapan hasil melalui pengalaman performa. Hal ini membuat subjek menyelesaikan pekerjaan rumah yang diberikan, sehingga self efficacy meningkat dan terjadi perubahan perilaku yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPsi. 49-18 Ayu c
Uncontrolled Keywords: Cognitive Behavioral Therapy, Kualitas Hidup, Self Efficacy, Artritis Reumatoid
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics > BJ1518-1697 Individual Ethics, Character, Virtue (including practical and applied ethics, conduct of life, success)
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
RAHMANIA QURROTA A’YUN, 111514153009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurul Hartini, Dr., M.Kes.,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 17 Dec 2018 10:35
Last Modified: 17 Dec 2018 10:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76863
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item