PENGARUH PSYCHOLOGICAL WELL-BEING TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT PADA ANGGOTA AIESEC SURABAYA SEBAGAI NONGOVERNMENTAL ORGANIZATION

NABILA AYU CHAIRINNISA, 111411131111 (2018) PENGARUH PSYCHOLOGICAL WELL-BEING TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT PADA ANGGOTA AIESEC SURABAYA SEBAGAI NONGOVERNMENTAL ORGANIZATION. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (39kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 17 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesejahteraan psikologis (psychological well-being) terhadap keterlibatan karyawan (employee engagement) pada anggota AIESEC Surabaya sebagai Non-Governmental Organization. Kesejahteraan psikologis terdiri dari dua konsepsi utama fungsi positif, yakni keseimbangan pengaruh positif dan negatif dalam mendefinisikan kebahagiaan dan kepuasan hidup sebagai indikator kunci kesejahteraan (Ryff & Keyes, 1995). Sedangkan, keterlibatan karyawan adalah hubungan antara karyawan dengan pekerjaan dan organisasinya (Schaufeli, 2013). Total subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 112 anggota aktif dalam organisasi AIESEC Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Terdapat dua alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Utrecth Work Engagement Scale (UWES) dan Psychological Well-Being Scale. Seluruh analisis dalam penelitian ini menggunakan program IBM SPSS Statistic 20 for Windows. Hasil uji korelasi dengan menggunakan Pearson Product-Moment menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kesejahteraan psikologis dengan keterlibatan karyawan. Koefisien korelasi antara kesejahteraan psikologis dengan keterlibatan karyawan adalah sebesar 0,467 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Sehingga, jika kesejahteraan psikologis meningkat, maka keterlibatan karyawan juga akan meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 196/18 Cha p
Uncontrolled Keywords: psychological well-being, employee engagement, NGO
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
NABILA AYU CHAIRINNISA, 111411131111UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFendy Suhariadi, Prof. Dr. , M.TUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 17 Dec 2018 13:07
Last Modified: 17 Dec 2018 13:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76900
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item