ANALISIS PENGARUH TYPE OF CONFORMITY DAN EMOTIONAL INTELLIGENCE TERHADAP KEPATUHAN CUCI TANGAN KARYAWAN (Studi di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Haji Surabaya)

SISTA PRASETYO ADI P., NIM 101514453041 (2017) ANALISIS PENGARUH TYPE OF CONFORMITY DAN EMOTIONAL INTELLIGENCE TERHADAP KEPATUHAN CUCI TANGAN KARYAWAN (Studi di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Haji Surabaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKA 67_18 Pam a ABSTRAK.pdf

Download (45kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 67_18 Pam a.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat kepatuhan cuci tangan adalah type of conformity dan emotional intelligence karyawan. Tujuan penelitian ini adalah mengeluarkan rekomendasi upaya meningkatkan kepatuhan cuci tangan karyawan berdasarkan analisis type of conformity dan emotional intelligence. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan cross sectional yang dilaksanakan pada periode September hingga Oktober tahun 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian adalah seluruh karyawan yang bekerja di unit pelayanan rawat inap Rumah Sakit Umum Haji Surabaya. Jumlah populasi sebesar 287 karyawan dengan 202 orang berprofesi perawat, 29 orang bidan, dan 56 orang berprofesi pekarya rumah sakit. Sampel penelitian adalah sebagian karyawan unit pelayanan rawat inap yang terbagi ke dalam 12 ruangan. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling sehingga didapatkan sampel sejumlah 167 karyawan. Pengambilan sampel setiap ruangan dilakukan secara acak (random) dengan kriteria sampel adalah karyawan yang bekerja di unit pelayanan rawat inap dan bersedia mengisi kuesioner dengan dibuktikan melalui infromed consent. Instrumen penelitian yang dipakai adalah kuesioner. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa sebagian besar karyawan unit pelayanan rawat inap berada pada kelompok usia dewasa awal (60,5%), berjenis kelamin perempuan, tingkat pendidikan setingkat Diploma, dengan masa kerja lebih dari 5 tahun. Hasil penelitian memberikan informasi bahwa mayoritas karyawan telah memiliki tipe kepatuhan pada tingkatan internalization (98%). Mayoritas karyawan memiliki aspek emotional intelligence berupa self motivation yang baik dan mayoritas karyawan memiliki tingkat kepatuhan cuci tangan pada tingkatan baik. Hasil uji pengaruh menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara type of conformity terhadap tingkat kepatuhan cuci tangan karyawan (p<0,05). Aspek emotional intelligence yang memberikan pengaruh signifikan terhadap tingkat kepatuhan cuci tangan karyawan adalah self motivation, self awareness, dan empathy (p<0,05). Rekomendasi adalah (1) menyusun suatu sistem reward and punishment (2) mengatur proporsi jumlah perawat dan tempat tidur (3) mengatur ulang peletakan fasilitas hand rub dan membuat bahan hand rub yang dapat diterima kulit tangan karyawan (4) memunculkan suatu program dengan tujuan memberikan informasi terkait pentingnya cuci tangan terhadap keselamatan diri dan pasien (6) mengadakan forum berbagi pengalaman masalah selama bekerja dengan mengundang tenaga ahli agar dapat menumbuhkan empati dalam diri karyawan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 67/18 Pam a
Uncontrolled Keywords: Type of comformity, internalization, emotional intelligence, self motivation, self awareness, empathy, tingkat kepatuhan cuci tangan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
SISTA PRASETYO ADI P., NIM 101514453041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantNyoman Anita Damayanti, Dr., drg., M.S.UNSPECIFIED
ConsultantM. Bagus Qomaruddin, Dr., Drs., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 18 Dec 2018 11:55
Last Modified: 18 Dec 2018 11:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76947
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item