PENGEMBANGAN BASIS DATA GIZI DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

ALFREDS SIMON DUKA, 101614553015 (2018) PENGEMBANGAN BASIS DATA GIZI DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
TEP. 30-18 Duk p Abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
TEP. 30-18 Duk p.pdf
Restricted to Registered users only until 19 December 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengembangan basis data gizi merupakan upaya untuk meningkatkan keberhasilan dalam program gizi termasuk di dalamnya sistem pencatatan dan pelaporan program gizi yang masih dijalankan secara manual. Pengelolaan data secara manual atau konvensional mempunyai banyak kelemahan. Dengan adanya dukungan teknologi informasi yang semakin maju, kegiatan pengelolaan data dengan cara konvensional dapat digantikan dengan suatu sistem informasi menggunakan komputer Tujuan penelitian adalah mengembangkan basis data pelayanan program gizi di Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Selatan yang dapat digunakan untuk membantu tenaga pelaksana gizi dalam mengelola data yang berhubungan dengan pelayanan program gizi di puskesmas. Permasalahan yang ditemukan adalah pencatatan data dengan menggunakan beberapa register pencatatan sehingga memungkinkan terjadinya pengulangan pencatatan, pengolahan data secara sederhana menggunakan program excel, dan pengisian register tidak lengkap serta sering terjadi kesalahan penulisan pada register. sistem yang dikembangkan menggunakan program database MySQL PHP yang aplikasinya berbasis web. Hasil uji coba data base yang dikembangkan memperoleh hasil evaluasi komponen kesederhanaan basis data yang dikembangkan cukup sederhana dan mudah dipahami, tidak rumit, sederhana dan mudah untuk dipahami, Komponen keterwakilan variable menyatakan sudah cukup mewakili kebutuhan data dan informasi, Komponen kemudahan dimana menyatakan bahwa cukup dimudahkan dalam melakukan entri data dalam aplikasi basis data yang ada, menyimpan data, memanggil data yang telah dientri, mengolah data dan membuat laporan cukup mudah, Komponen kualitas data menyatakan bahwa basis data program gizi dapat menghasilkan informasi dengan benar, lengkap dan cepat. Basis data ini dapat berjalan dengan baik apabila didukung oleh kondisi sarana yang memadai seperti komputer dengan spesifikasi yang memadai, tenaga yang kompeten dan jaringan internet yang tersedia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TEP. 30-18 Duk p
Uncontrolled Keywords: Basis Data, Program Gizi, Sistem Pencatatan dan Pelaporan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA648.5-767 Epidemics. Epidemiology. Quarantine. Disinfection
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Epidemiologi
Creators:
CreatorsNIM
ALFREDS SIMON DUKA, 101614553015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHari Basuki Notobroto, Dr.,dr.,M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorAnnis Catur Adi, Dr.,Ir.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 19 Dec 2018 09:26
Last Modified: 19 Dec 2018 09:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77043
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item