DETERMINAN KETAHANAN PSIKOLOGIS REMAJA KORBAN BULLYING DENGAN PENDEKATAN MODEL ADAPTASI STRES STUART

WILDAN AKASYAH, NIM. 131614153034 (2018) DETERMINAN KETAHANAN PSIKOLOGIS REMAJA KORBAN BULLYING DENGAN PENDEKATAN MODEL ADAPTASI STRES STUART. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKP 31_18 Aka d ABSTRAK.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
TKP 31_18 Aka d.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan : Ketahanan adalah adaptasi positif dari trauma dan stres. Ketahanan diperlukan selama masa transisi dari masa kanak-kanak ke masa remaja karena dapat menciptakan konflik internal dan interpersonal seperti bullying. Penindasan sering memicu konflik serius di kalangan remaja dan menjadi masalah psikososial yang kompleks. Ketahanan psikologis diperlukan remaja korban bullying karena dapat mencegah masalah psikososial terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis determinan ketahanan psikologis remaja korban bullying. Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional. Sejumlah 107 remaja korban bullying dari SMPN 3 Kediri ditemukan melalui probability sampling, yaitu simpe random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah faktor predisposisi, stresor presipitasi, sumber koping, mekanisme koping, survei promosi kesehatan jiwa, dan ketahanan. Data diambil menggunakan kuesioner The Fear of Negative Appearance Evauation Scale (FNAES), Rosenberg Self Esteem Scale (RSES), The Olweus Bullying Questionaire (The OBQ), Perceived Social Support-Friend (PSS-Fr), Perceived Social Support-Family (PSS-Fa), The Eysenc Personality Questionaire Revised (EPQR-A), Kognitif kuesioner, The Brief COPE, The Brief Resilience Scale (The BRS). Untuk memvalidasi hipotesis penelitian menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil dan Analisis: Dukungan teman mempengaruhi ketahanan psikologis dengan nilai t = 5.385 dan p = 0,000. Komunikasi mempengaruhi ketahanan psikologis dengan nilai t = 3.664 dan p = 0,000. Harga diri mempengaruhi ketahanan psikologis dengan nilai t = 3.565 dan p = 0,001. Penampilan fisik mempengaruhi ketahanan psikologis dengan nilai t = -3.020 dan p = 0,003. Jumlah teman mempengaruhi ketahanan psikologis dengan nilai t = 2.806 dan p = 0,006. Diskusi dan Kesimpulan : Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai dasar pengembangan konsep ketahanan psikologis pada remaja. Selain itu pencegahan gangguan kesehatan mental remaja korban bullying diperlukan dan menjadi bukti empiris yang dapat digunakan sebagai dasar psikologi promotif dan preventif dalam meningkatkan ketahanan psikologis remaja korban bullying. Keperawatan memainkan peran penting dalam memberikan intervensi dengan menargetkan pendidikan kesehatan untuk meningkatkan citra tubuh sastisfaction, harga diri yang tinggi, pelatihan komunikasi, menciptakan lingkungan yang mendukung.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 31/18 Aka d
Uncontrolled Keywords: Ketahanan Psikologis, Remaja, Korban Bullying
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1176-1281 Social influence. Social pressure
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
WILDAN AKASYAH, NIM. 131614153034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantHendy Muagiri Magono, Prof., dr., SpKJ(K)UNSPECIFIED
ConsultantFerry Efendi, S.Kep., Ns., M.Sc., PhDUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 19 Dec 2018 10:37
Last Modified: 21 Dec 2018 14:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77050
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item