EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN TALAS (Colocasia esculenta L. Schott) SEBAGAI PEMBERSIH PLAT AKRILIK TERHADAP CANDIDA ALBICANS DI RONGGA MULUT

OLIVIA ANANTO PUTRI, 021511133041 (2018) EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN TALAS (Colocasia esculenta L. Schott) SEBAGAI PEMBERSIH PLAT AKRILIK TERHADAP CANDIDA ALBICANS DI RONGGA MULUT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
KG. 83-18 Put e Abstrak.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
KG. 83-18 Put e.pdf
Restricted to Registered users only until 20 December 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Pengguna gigi tiruan membersihkan gigi tiruannya menggunakan bahan pembersih yang sering digunakan yaitu larutan pembersih kimiawi untuk menghilangkan pembentukan plak, sisa makanan dan karang gigi, serta bau mulut. Saat ini dikembangkan penggunaan bahan alami sebagai alternatif penggunaan bahan sintetik. Salah satu bahan alami yang dikembangkan adalah daun talas. Daun talas mengandung senyawa saponin, flavonoid, dan tanin yang memiliki efek sebagai antijamur. Tujuan: untuk mengetahui efektivitas ekstrak daun talas sebagai pembersih plat akrilik terhadap Candida albicans di rongga mulut. Metode: Plat akrilik direndam pada saliva steril kemudian direndam dalam Candida albicans selama 24 jam. Terdapat 4 kelompok perlakuan yaitu kelompok kontrol (aquades steril), ekstrak daun talas 40%, 60%, dan 80%. Setelah diberi perlakuan, hasil perlakuan ditanam pada media Sabaroud Dextrose Agar dan diinkubasi selama 24 jam. Setelah 24 jam terlihat pertumbuhan koloni Candida albicans pada media dan dilakukan perhitungan. Hasil dianalisis dengan menggunakan uji Kolmogrov-Smirnov, Levene test, uji One-Way ANOVA dan HSD Tukey. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna pada konsentrasi 40%, 60% dan 80% yang menunjukkan pertumbuhan koloni Candida albicans. Kesimpulan: Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perendaman plat resin akrilik dalam ekstrak daun talas (Colocasia esculenta L. Schott) dengan konsentrasi 80% efektif menurunkan jumlah koloni Candida albicans rongga mulut pada resin akrilik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 83-18 Put e
Uncontrolled Keywords: antijamur, ekstrak daun talas, pembersih gigi tiruan, resin akrilik, Candida albicans
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK641-667 Prosthetic dentistry. Prosthodontics
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
OLIVIA ANANTO PUTRI, 021511133041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUtari Kresnoadi, Prof. Dr., drg., MS., Sp.Pros(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorAgus Dahlan, drg., M.Kes., Sp.ProsUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 20 Dec 2018 09:00
Last Modified: 20 Dec 2018 09:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77086
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item