ANALISIS PERMINTAAN UANG RIIL DAN KECEPATAN UANG DI INDONESIA

DANES PUTRA KUSUMA, 041111161 (2018) ANALISIS PERMINTAAN UANG RIIL DAN KECEPATAN UANG DI INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (36kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
C. 126-18 Kus a.pdf
Restricted to Registered users only until 20 December 2021.

Download (966kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permintaan uang banyak dibicarakan oleh para ekonom karena permintaan uang disebut “important building block”. Dikatakan “important building block” karena permintaan uang akan berpengaruh pada kinerja pertumbuhan ekonomi. Negara Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang segala kegiatan konsumsi dan investasinya menggunakan uang, sehingga permintaan uang di Indonesia mengalami peningkatan. Jumlah permintaan uang di setiap negara bersifat fluktuatif. Permintaan uang yang tidak tetap terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor yang mempengaruhi faktor permintaan uang di Indonesia, diantaranya pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan kurs riil, inflasi dan suku bunga. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ARDL (Autoregressive Distributed lag). Model ini diharapkan dapat menjelaskan pengaruh pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan kurs riil, inflasi dan suku bunga terhadap permintaan uang riil di Indonesia. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan kurs riil berpengaruh signifikan positif terhadap permintaan uang jangka pendek. Sedangkan inflasi dan suku bunga tidak berpengaruh signifikan terhadap permintaan uang. Permintaan uang di Indonesia dalam jangka panjang dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh variabel pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan kurs riil. Sedangkan inflasi dan suku bunga berpengaruh negatif. Kata kunci: Permintaan uang, pertumbugan ekonomi, inflasi, kurs, suku bunga, ARDL(Autoregressive Distributed lag)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C. 126-18 Kus a
Uncontrolled Keywords: Permintaan uang, pertumbugan ekonomi, inflasi, kurs, suku bunga, ARDL(Autoregressive Distributed lag)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG201-1496 Money
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
DANES PUTRA KUSUMA, 041111161UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWisnu Wibowo, Dr., SE., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 20 Dec 2018 14:17
Last Modified: 27 Dec 2018 10:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77140
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item