KONSENTRASI MICROCYSTIN PADA TAMBAK INTENSIF UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) BANYUWANGI, JAWA TIMUR

FITRI ANISHA KURNIAWATI, 091524153006 (2018) KONSENTRASI MICROCYSTIN PADA TAMBAK INTENSIF UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) BANYUWANGI, JAWA TIMUR. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
TBPK 08-18 Kur k Abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
TBPK 08-18 Kur k.pdf
Restricted to Registered users only until 21 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fitoplankton dari kelas Cyanophyceae seperti cyanobacteria diketahui dapat memproduksi toksin (cyanotoksin) yang merugikan dalam kegiatan budidaya. Toksin ini termasuk hepatotoksin seperti microcystin. Udang yang menelan cyanotoksin dilaporkan menginduksi enteritis hemocytic, yaitu penyakit di mana lapisan epitel usus tengah rusak dan lapisan mukosa yang sehat digantikan oleh sel-sel nekrotik dan inflamasi pada lapisan hemosit. Maka daripada itu dilakukan penelitian untuk mengetahui konsentrasi microcystin pada tambak intensif udang vaname (Litopenaeus vannamei). Penelitian ini menggunakan metode survey atau metode deskriptif yaitu suatu metode penelitian yang ditujukan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung pada saat ini atau saat yang lampau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dominansi cyanobacteria mempengaruhi konsentrasi toksin microcystin pada sampel yang diamati. Urutan konsentrasi microcystin paling tinggi terdapat pada hepatopankreas, kemudian disusul dengan air media budaya udang (air tambak) dan insang memiliki konsentrasi microcystin paling rendah. Akumulasi toksin microcystin pada organ insang dan hepatopankreas udang vaname juga menunjukkan adanya perubahan histopatologi pada pengamatan preparat histopatologi organ insang dan hepatopankreas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TBPK 08-18 Kur k
Uncontrolled Keywords: Cyanobacteria, Microcystin, Histopatologi insang, Histopatologi hepatopankreas, Litopenaeus vannamei
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
FITRI ANISHA KURNIAWATI, 091524153006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Dewi Masithah, Dr., Ir., MP.UNSPECIFIED
Thesis advisorAgoes Soegijanto, Prof. Dr., Ir., DEA.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 21 Dec 2018 13:31
Last Modified: 21 Dec 2018 13:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77161
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item