MANAJEMEN KEUANGAN KELUARGA MUSLIM NELAYAN SAAT MENGHADAPI MUSIM PACEKLIK DAN MUSIM PANEN (Studi Kasus Nelayan Desa Puger, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur)

RIZKI AMALIA RAHMA DIYANTI, 041114072 (2018) MANAJEMEN KEUANGAN KELUARGA MUSLIM NELAYAN SAAT MENGHADAPI MUSIM PACEKLIK DAN MUSIM PANEN (Studi Kasus Nelayan Desa Puger, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur). Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS.

[img] Text (ABSTRAK)
FEB EI 76-18 DIY M - ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FEB EI 76-18 DIY M.pdf
Restricted to Registered users only until 27 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen keuangan keluarga muslim nelayan saat menghadapi musim paceklik dan musim panen di Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan, dan pemanfaatan dokumen. Teknis analisis data yang digunakan ada empat yaitu teknik analisis domain, teknik analisis taksonomi, teknik analisis komponensial, dan teknik analisis tema budaya. Unit analisis dalam penelitian ini adalah manajemen pendapatan (income), manajemen kebutuhan (needs), manajemen keinginan (dream and wants), manejemen surplus dan deficit, serta manajemen berjaga-jaga (contingency). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berdasarkan analisis data dengan empat keluarga informan dimana keempatnya adalah keluarga nelayan muslim di kecamatan Puger Kabupaten jember. Manajemen Pendapatan nelayan ada dua macam yaitu melaut (fishing) dan di luar melaut (non fishing). Alokasi pengeluaran nelayan dibagi menjadi tiga yaitu pengeluaran pangan, pengeluaran modal, dan pengeluaran untuk pendidikan anak. Pengeluaran ini sesuai dengan apa yang diinginkan nelayan yaitu meningkatklan produktivitas dan menginginkan anak-anaknya sekolah hingga tingkat yang paling tinggi. Alokasi untuk surplus, nelayan lebih memilih untuk menginvestasikan dalam bentuk perhiasan emas dan tabungan karena lebih mudah untuk dicairkan dan digadaikan saat dibutuhkan karena itu, nelayan lebih memilih perhiasan emas dan tabungan sebagai dana berjaga-jaga. Alokasi saat defisit , nelayan menggunakan strategi coping, dengan mengurangi pengeluaran, menambah penghasilan, atau berhutang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FEB EI 76/18 Diy m
Uncontrolled Keywords: MANAJEMEN KEUANGAN, KEUANGAN KELUARGA
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
RIZKI AMALIA RAHMA DIYANTI, 041114072UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNOVEN SUPRAYOGI, SE., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 27 Dec 2018 02:12
Last Modified: 27 Dec 2018 02:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77208
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item