MOTIF INDIVIDU BERGABUNG DALAM KOMUNITAS MEREK (STUDI NETNOGRAFI PADA KOMUNITAS VIRTUAL VOLKSWAGEN INDONESIA)

DONNA VANNY ARAMINTA, 041112068 (2018) MOTIF INDIVIDU BERGABUNG DALAM KOMUNITAS MEREK (STUDI NETNOGRAFI PADA KOMUNITAS VIRTUAL VOLKSWAGEN INDONESIA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (175kB)
[img] Text (FULLTEXT)
B 347-18 Ara m.pdf
Restricted to Registered users only until 28 December 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mobil merupakan salah satu temuan bersejarah yang menjadi industri maju dewasa ini, mobil juga merupakan simbol kebebasan bagi para penggunanya. Salah satu brand otomotif yang memproduksi mobil adalah Volkswagen. Fakta bahwa Volkswagen merupakan brand dalam jajaran top three dalam global sales menjadikannya brand yang sangat diperhitungkan. Sejarah Volkswagen yang masuk ke Indonesia memang cukup unik, mobil yang memiliki beberapa seri iconic seperti Beetle dan kombi ini masih memiliki penggemarnya hingga sekarang. Penggemar-penggemar ini membentuk sebuah wadah dimana mereka bisa berbagi pengetahuan dan kegemaran terhadap sesamanya. Disitulah komunitas merek terbentuk. Komunitas sendiri kini tak hanya berbentuk tatap muka, namun ada pula yang berbentuk virtual. Komunitas merek virtual memungkinkan anggotanya untuk berinteraksi tanpa halangan ruang dan waktu. Penelitian ini mencoba meneliti motivasi seseorang dalam keputusannya bergabung pada sebuah komunitas virtual Volkswagen Indonesia. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan dipilih tiga komunitas virtual yang menjadi target penelitian yakni, Volkswagen Club Yogyakarta (VCY), Volkswagen Indonesia Cyber Community (VICC) dan OldVolks. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif, metode netnografi; dimana pengumpulan data dilakukan dengan meneliti komunitas virtual dan meng-capture postingan yang dianggap mewakili motivasi seseorang untuk bergabung, teknik analisis data menggunakan content analysis, triangulasi menggunakan triangulasi teori. Hasil penelitian adalah terdapat lima motif yang mendasari seseorang yakni motif terkait dari dalam diri (self-related motivation) yakni berbagi pengetahuan, membangun image positif dan berpartisipasi dalam kegiatan. Motif terkait sosial (social-related motivation) adalah saling terhubung dengan sesama anggota dan penerimaan untuk berkontribusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.347/18 Ara m
Uncontrolled Keywords: Otomotif, Mobil, Volkswagen, Komunitas Merek, Komunitas Virtual, Netnografi, Identitas Sosial, Motivasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
DONNA VANNY ARAMINTA, 041112068UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadri Munir Sukoco, Prof. , S.E., MBA., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 28 Dec 2018 00:39
Last Modified: 28 Dec 2018 00:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77262
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item