IMPLEMENTASI PENYUSUNAN LAPORAN REALISASI ANGGARAN PADA DINAS PERTANIAN PROVINSI JAWA TIMUR

ISMAIL, 151510613060 (2018) IMPLEMENTASI PENYUSUNAN LAPORAN REALISASI ANGGARAN PADA DINAS PERTANIAN PROVINSI JAWA TIMUR. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKB KK-2 FV A 95 - 18 Ism i- Abstrak.pdf

Download (27kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 FV A 95 - 18 Ism i.pdf
Restricted to Registered users only until 28 December 2021.

Download (944kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemerintah Indonesia mengharapkan perubahan pada bidang akuntansi pemerintah, karena dengan melalui proses tersebut diharapkan akan memberikan informasi keuangan yang relevan dan reliable. Kemudian pemerintah Indonesia merubah kebijakan akuntansi pemerintahan yang sebelumnya berbasis kas menjadi basis akrual. Namun demikian, pada laporan keuangan, laporan realisasi anggaran tetap diakui berdasarkan basis kas. Hal ini yang menyebabkan penerapan basis akrual pada akuntansi pemerintahan belum bisa dikatakan sempurna. Beberapa faktor yang mempengaruhi ketidaksempurnaan penerapan basis akrual pada akuntansi pemerintahan adalah anggaran yang digunakan masih menggunakan basis kas, sehingga untuk menyajiakan laporan realisasi anggaran harus menggunakan basis kas. Selain itu bisa dikatakan bahwa sumber daya manusianya masih belum siap atas perubahan yang diterapkan, sehingga belum bisa menerapkan anggaran berbasis kas. Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur sudah melaksanakan tugasnya dengan menyusun laporan realisasi anggaran dengan baik dan benar. Metode yang digunakan dalam menyusun laporan realisasi anggaran adalah basis kas. Dalam penyusunannya Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur sudah sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku. Sehingga dapat dikatakan bahwa Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur sudah menyusun laporan realisasi anggaran dengan benar. Untuk menyusun laporan realisasi anggaran berbasis kas, dibutuhkan laporan operasional untuk melengkapi pelaporan dari siklus akuntansi berbasis akrual. Dalam hal ini, Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur telah menyusun laporan operasional dengan benar dan baik. Dalam menyusun laporan operasional, Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur juga telah sesuai berdasarkan peraturan-peraturan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV A 95/ 18 Ism i
Uncontrolled Keywords: LAPORAN REALISASI ANGGARAN; DINAS PERTANIAN PROVINSI JAWA TIMUR
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9103-9695 Local finance. Municipal finance
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ISMAIL, 151510613060UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAlfiyatul Qomariyah, S.Ak., MBA., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 28 Dec 2018 03:12
Last Modified: 28 Dec 2018 03:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77285
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item