PENGARUH PEMBENTUKAN KOKRISTAL LORATADIN – ASAM SUKSINAT DENGAN METODE PENGGILINGAN KERING TERHADAP KELARUTAN DAN LAJU DISOLUSI LORATADIN

KARTIKA DEWI PRATIWI, 051411131148 (2018) PENGARUH PEMBENTUKAN KOKRISTAL LORATADIN – ASAM SUKSINAT DENGAN METODE PENGGILINGAN KERING TERHADAP KELARUTAN DAN LAJU DISOLUSI LORATADIN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FF.F. 50-18 Pra p Abstrak.pdf

Download (326kB)
[img] Text (Fulltext)
FF.F. 50-18 Pra p.pdf
Restricted to Registered users only until 28 December 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Loratadin merupakan obat antihistamin generasi kedua yang tergolong dalam BCS (Biopharmaceutics Classification System) class II yang memiliki permeabilitas tinggi namun kelarutan yang rendah dalam air. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kelarutan loratadin adalah pembentukan kokristal melalui penggilingan kering. Kokristal dibentuk dengan asam suksinat sebagai koformer. Kokristal loratadin-asam suksinat dibentuk pada perbandingan molar 1:1 dan 1:2. Uji kelarutan dilakukan menggunakan media air bebas CO2 pada suhu dan diambil pada waktu kelarutan jenuhnya, yaitu 360 menit. Uji disolusi dilakukan menggunakan media air bebas CO2 yang ditambah SLS (Sodiium Lauryl Sulfate) 0,2%b/b dengan volume media 900 ml pada suhu 37 menggunakan alat uji disolusi tipe dua (dayung) selama 60 menit dengan kecepatan 100 rpm. Hasil dari uji kelarutan menunjukkan terjadi peningkatan pada kokristal 1:2, sedangkan hasil uji disolusi menunjukkan terjadi peningkatan pada campuran fisik 1:1 dan 1:2. Hasil dari uji statistik ANOVA satu arah ( menunjukkan bahwa kelarutan dan laju disolusi (ED15 dan slope) pada kokristal meningkat dibandingkan dengan senyawa loratadin. Kokristal loratadin-asam suksinat dapat meningkatkan kelarutan dan laju disolusi loratadin yang disebabkan oleh penurunan energi kisi kristal dan peningkatan afinitas bahan aktif terhadap media uji kelarutan dan disolusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF.F. 50-18 Pra p
Uncontrolled Keywords: loratadine, succinic acid, cocrystal, neat grinding, solubility, dissolution rate
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmastika
Creators:
CreatorsNIM
KARTIKA DEWI PRATIWI, 051411131148UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Setyawan, Dr., S.Si., M.Si., Apt.UNSPECIFIED
Thesis advisorDewi Isadiartuti, Dr. M.Si., Apt.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 28 Dec 2018 05:00
Last Modified: 28 Dec 2018 05:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77310
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item