PEMAHAMAN PETUGAS MEDIS DAN NON MEDIS PETUGAS DI GEDUNG PUSAT DIAGNOSTIK TERPADU RSUD DR. SOETOMO TERHADAP CODE BLUE DAN BLS

Anggi Ahda Pradhana, NIM011511133187 (2018) PEMAHAMAN PETUGAS MEDIS DAN NON MEDIS PETUGAS DI GEDUNG PUSAT DIAGNOSTIK TERPADU RSUD DR. SOETOMO TERHADAP CODE BLUE DAN BLS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (47kB)
[img] Text (Fulltext)
FK PD 122 18.pdf
Restricted to Registered users only until 28 December 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Basic Life Support adalah pertolongan dasar atau pertama pada kondisi yang mengancam jiwa yaitu ancaman terhadap airway, breathing, dan circulation. Pengetahuan mengenai Basic Life Support inilah yang mendasari tuntutan agar semua petugas medis maupun non medis di RSUD Dr. Soetomo Surabaya mengerti dan mampu melakukan Basic Life Support sebagai tindakan pertolongan awal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman petugas medis dan non medis pertugas di Gedung Pusat Diagnostik Terpadu RSUD Dr Soetomo terhadap teori Code Blue dan Basic Life Support. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional. Sampel merupakan petugas medis dan non medis petugas di Gedung Pusat Diagnostik Terpadu. Penelitian ini menggunakan kuesioner. Variabel yang akan diteliti adalah pengetahuan, pola pikir, dan sikap petugas medis dan non medis petugas. Pengambilan data dilaksanakan menggunakan kuesioner kepada 60 responden. Waktu pelaksanaan penelitian ini adalah bulan Oktober-November 2018. Hasil penelitian ini kemudian dianalisis dengan SPSS emnggunakan uji Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan tentang Basic Life Support dalam kategori baik sebesar 85% (51 orang) , pola pikir tentang Basic Life Support dalam kategori baik sebesar 78% (47 orang), dan sikap tentang Basic Life Support dalam kategori baik sebesar 88% (53 orang). Berdasarkan hasil uji statistik menggunakan uji Spearman dapat diketahui bahwa tidak ada hubungan signifikan antara tingkat pengetahuan dan sikap tentang Basic Life Support pada petugas non medis (p=0,069). Tidak ada hubungan signifikan antara tingkat pengetahuan dan pola pikir tentang Basic Life Support pada petugas non medis (p=0,713). Ada hubungan signifikan antara tingkat sikap dan pola pikir tentang Basic Life Support pada petugas non medis (p=0,02). Tidak ada hubungan signifikan antara tingkat pengetahuan dan sikap tentang Basic Life Support pada petugas medis (p=0,481). Tidak ada hubungan signifikan antara tingkat pengetahuan dan pola pikir tentang Basic Life Support pada petugas medis (p=0,619). Tidak ada hubungan signifikan antara sikap dan pola pikir tentang Basic Life Support pada petugas medis (p=0,350).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK PD 122/18 Pra p
Uncontrolled Keywords: Basic Life Support, Non medic Practitioners, Medic practitioners, knowledge, mindset, attitude
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
Anggi Ahda Pradhana, NIM011511133187NIM011511133187
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorApril Poerwanto Basoeki, Dr. , dr., Sp.An(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorKristanti Wanito Wigati, dr., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 28 Dec 2018 10:44
Last Modified: 15 Jan 2019 08:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77366
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item