PENGGUNAAN AIR TEH UNTUK OPTIMALISASI WAKTU PRODUKSI URIN DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS CITRA CURVE PLANAR RECONSTRUCTION PEMERIKSAAN CT STONOGRAFI DIBANDINGKAN DENGAN AIR MINERAL

TATIK SULISTINA, 151610383034 (2018) PENGGUNAAN AIR TEH UNTUK OPTIMALISASI WAKTU PRODUKSI URIN DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS CITRA CURVE PLANAR RECONSTRUCTION PEMERIKSAAN CT STONOGRAFI DIBANDINGKAN DENGAN AIR MINERAL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FV.RD. 02-18 Sul p Abstrak.pdf

Download (36kB)
[img] Text (Fulltext)
FV.RD. 02-18 Sul p.pdf
Restricted to Registered users only until 2 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu teknik rekonstruksi post prosesing pada CT Stonografi untuk mengevaluasi traktus urinarius adalah Curve Planar Reconstruction (CPR). Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan penggunaan air teh dan air mineral untuk mempercepat produksi urin dalam persiapan pemeriksaan. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling aksidental. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Masing-masing dari 25 sampel diberikan perlakuan menggunakan air teh (kelompok A) dan air mineral (kelompok B) sebagai bagian dari persiapan. Waktu minimum produksi urin pada kelompok A adalah 15 menit dan waktu maksimumnya adalah 40 menit dengan median 31 menit. Sedangkan pada kelompok B waktu minimumnya adalah 36 menit dan waktu maksimumnya adalah 60 menit dengan median waktu persiapan adalah 51 menit. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dibuktikan bahwa penggunaan air teh dapat meningkatkan produksi urin sehingga mempercepat waktu persiapan pemeriksaan. Selain itu, terdapat peningkatan atenuasi (Housefield Unit), sehingga mempermudah visualisasi traktus urinarius menggunakan rekonstruksi CPR.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FV.RD. 02-18 Sul p
Uncontrolled Keywords: Rata-Rata Waktu, CT Stonografi, Citra CPR, Teh, Air
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC71-78.7 Examination. Diagnosis Including radiography
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D4 Alih Jenjang Radiologi
Creators:
CreatorsNIM
TATIK SULISTINA, 151610383034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLailatul Muqmiroh, dr., Sp.Rad (K)UNSPECIFIED
Thesis advisorAmillia Kartika Sari, S.Tr.Kes,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 02 Jan 2019 01:55
Last Modified: 02 Jan 2019 01:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77429
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item