Eric Kurniawan, 041524353003 (2018) PENDEKATAN VALUE STREAM MAPPING UNTUK MEMPERCEPAT PELAYANAN DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM HAJI SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.
Text (abstrak)
abstrak.pdf Download (680kB) |
|
Text (full text)
full text.pdf Restricted to Registered users only until 2 January 2022. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Industri perawatan kesehatan adalah salah satu industri di Indonesia yang mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Dengan maksud untuk menetapkan cakupan layanan kesehatan universal gratis kepada masyarakat, anggaran dan kebijakan disesuaikan untuk mengakomodasi tujuan ini. Dengan munculnya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial kesehatan (BPJS kesehatan) yang dimulai pada tahun 2014, banyak warga telah menggunakan jaminan perawatan kesehatan gratis ini, dan sebagai konsekuensinya, fasilitas kesehatan, termasuk rumah sakit, didorong untuk terus memberikan pelayanan medis berkualitas tinggi dengan jumlah yang meningkat pesat. kunjungan dari pasien yang sakit meningkat, karena layanan gratis. Standar untuk layanan yang baik diatur oleh menteri kesehatan untuk mempertahankan standar kesehatan yang berkualitas untuk pelayanan pasien, beberapa standar kualitas melayani waktu di klinik rawat jalan, dengan rincian waktu menunggu pengambilan catatan medis hingga tidak lebih dari 10 menit, dan menunggu waktu untuk layanan dokter medis tidak lebih dari 60 menit, dan menunggu waktu permintaan obat pasien di departemen farmasi tidak lebih dari 30 menit. Menghadapi kondisi ini, Rumah Sakit Umum Haji Surabaya mencoba untuk mematuhi peraturan yang diajukan oleh menteri kesehatan. Sebuah survei yang dilakukan oleh peneliti menemukan bahwa klinik rawat jalan Rumah Sakit Umum Haji tidak dapat memenuhi 3 waktu tunggu standar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab dan mekanisme waktu tunggu yang lama di klinik rawat jalan Rumah Sakit Umum Haji dan merekomendasikan solusi operasional untuk secara aktif mengurangi waktu tunggu. Penelitian ini akan menggunakan value stream mapping, fishbone diagram, cycle time and takt time, dan Failure mode and effect analysis. Penyebab terbesar adalah mura atau ketidakseimbangan beban kerja, karena kedatangan pasien terlalu dini di pagi hari. Para peneliti merekomendasikan rumah sakit Haji untuk berkoordinasi antara klinik rawat jalan dan departemen catatan medis untuk mengatur waktu pembukaan mereka, Meningkatkan pendaftaran pasien online untuk menginformasikan waktu kedatangan pasien dalam upaya untuk mengurangi beban kerja pasien di pagi hari, dan juga menciptakan hadiah dan sistem hukuman bagi staf medis dan administrasi untuk meningkatkan disiplin waktu mereka. Ditemukan bahwa lead time dapat dikurangi, dari 4 jam dan 15 menit menjadi 2 jam dan 52 menit. Aktivitas nilai tambah dapat ditingkatkan dari 7% hingga 10%.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK MM.109/18 Kur p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | lean hospital, Value stream mapping, Instalasi rawat jalan, waktu pelayanan | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 02 Jan 2019 10:46 | ||||||
Last Modified: | 02 Jan 2019 10:46 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77497 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |