PENGARUH PELATIHAN KESEHATAN JIWA CARING DAN SPIRITUALITY (KESWACARRI) TERHADAP KOMITMEN DAN PERAN KADER KESEHATAN JIWA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS WIDANG KABUPATEN TUBAN

HANIM NUR FAIZAH, NIM. 131614153044 (2018) PENGARUH PELATIHAN KESEHATAN JIWA CARING DAN SPIRITUALITY (KESWACARRI) TERHADAP KOMITMEN DAN PERAN KADER KESEHATAN JIWA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS WIDANG KABUPATEN TUBAN. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
TKP 40_18 Fai p ABSTRAK.pdf

Download (80kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 40_18 Fai p.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Kader kesehatan jiwa mempunyai beberapa peran yang harus dijalankan, dalam hal ini berfokus pada masalah kesehatan jiwa, baik pada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) atau keluarga ODGJ. Stigma negatif yang ada di masyarkat tentang gangguan jiwa, menempati ruang tersendiri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga diperlukan juga adanya suatu asupan untuk menumbuhkan komitmen baik pada diri kader kesehatan dalam hal ini adalah pelatihan Keswacarri. Metode: Desain penelitian quasi eksperimental. Populasi 34 kader (perlakuan) dan 30 kader (kontrol). Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling (n=31 responden dan 28 responden). Variabel Independen adalah Keswacarri, sedangkan variabel dependen adalah komitmen kader kesehatan dan peran kader kesehatan jiwa. Tempat penelitian ini Desa Patihan dan Ngadipuro, tanggal 27 Maret-03 April 2018. Penelitian menggunakan kuesioner dan checklist serta analisa data menggunakan uji mann whitney dan wilcoxon dengan tingkat signifikan α=0,05. Hasil dan analisis: there was in increasing percentage from pre test and post test. Hasil Uji Wilcoxon pada komitmen dan peran didapatkan nilai p=0,000, artinya ada pengaruh pelatihan Keswacarri terhadap komitmen dan peran kader kesehatan jiwa. Diskusi dan kesimpulan: Pelatihan keswacarri dapat mempengaruhi komitmen dan peran kader kesehatan jiwa, sehingga diharapkan pelatihan Keswacarri bisa digunakan sebagai acuan untuk melakukan pelatihan di tempat lain.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 40/18 Fai p
Uncontrolled Keywords: Kader, Komitmen, Kesehatan jiwa, Caring, Spirituality
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
HANIM NUR FAIZAH, NIM. 131614153044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantAh. YusufUNSPECIFIED
ConsultantSestu Retno DA, Dr., S.Kp., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 03 Jan 2019 01:37
Last Modified: 03 Jan 2019 01:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77506
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item