PENGARUH AUTOGENIC TRAINING DENGAN PURSED LIPS BREATHING TERHADAP KECEMASAN DAN FORCED EXPIRATORY VOLUME IN 1 SECOND (FEV1) PASIEN PPOK

TITIK AGUSTIYANINGSIH, NIM.: 131614153021 (2018) PENGARUH AUTOGENIC TRAINING DENGAN PURSED LIPS BREATHING TERHADAP KECEMASAN DAN FORCED EXPIRATORY VOLUME IN 1 SECOND (FEV1) PASIEN PPOK. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
TKP 45_18 Agu p ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 45_18 Agu p.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang: Pasien PPOK akan mengalami peningkatan tahanan aliran udara, air trapping, dan hiperinflasi paru. Kondisi ini menyebabkan penurunan FEV1 dan gejala sesak akan timbul lebih dini. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh autogenic training dengan pursed lips breathing terhadap kecemasan dan FEV1 pasien PPOK. Metode: Penelitian ini menggunakan Quasy Experiment dengan pendekatan Pre-Post test control grup design. Populasi penelitian adalah pasien PPOK di RSUD Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang dan RST dr.Soepraoen Malang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling sesuai kriteria inklusi dengan total 40 pasien. Intervensi autogenic training dengan pursed lips breathingdiberikan seminggu 3 kali selama 4 minggu. Sehingga total latihan sebanyak 12 kali. Instrument yang digunakan untuk mengukur kecemasan yaitu Zung-Self Rating Anxiety Scale (SAS/SRAS) dan FEV1 dengan menggunakan spirometry. Analisa data menggunakan Paired t test, Wilcoxon dan uji Multivariat Manova. Hasil dan Analisis :Hasil uji Multivariat Manova didapatkan nilai signifikansi 0,021 (α 0,05). Hal ini berarti autogenic training dengan pursed lips breathing efektif dalam menurunkan kecemasan dan meningkatkan nilai FEV1 pada pasien PPOK. Kesimpulan dan Pembahasan :latihan autogenic training dengan pursed lips breathing dapat menurunkan kecemasan dan meningkatkan nilai FEV1jika dilakukan secara teratur dan berkelanjutan. Hal ini menunjukkan bahwa peran perawat sebagai Nursing Agency dalam memberikan asuhan keperawatan pada pasien PPOK.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 45/18 Agu p
Uncontrolled Keywords: Autogenic training, relaksasi, pursed lips breathing, kecemasan, FEV1, dan PPOK
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC705-779 Diseases of the respiratory system
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
TITIK AGUSTIYANINGSIH, NIM.: 131614153021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantMuhammad Amin, Prof. Dr., dr., Sp.P (K)UNSPECIFIED
ConsultantMakhfudli, Dr., S.Kep. Ns., M.Ked.TropUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 03 Jan 2019 04:03
Last Modified: 03 Jan 2019 04:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77524
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item